Kuku Tangan Tumbuh Lebih Cepat Dari Kuku Kaki



Kuku Tangan Tumbuh Lebih Cepat Dari Kuku Kaki


Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh.
Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.
kuku kita ini terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur (S). Keratin adalah sebuah protein keras yang biasanya terdapat pada kulit dan rambut. Terbentuknya kerantin berasal dari aktivitas sel-sel kulit jari yang mati sebagai efek metabolisme tubuh. pengerasan sel kulit jari ini mengandung sulfur.
Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh. Selama ini orang berfikir pertumbuhan antara kuku tangan dan kakinya berjalan seimbang,tapi tahu kah bahwa ternyata kuku tangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki.

Ahli dermatologi  mengungkapkan bahwa pertumbuhan kuku tangan lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki,dimana kuku tangan lebih cepat tiga kali dibandingkan dengan kuku kaki.

American Academy of Dermatology mengatakan bahwa kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 mm perhari atau sekitar 0,004 inchi perhari dan itu berarti kukutumbuh sebanyak 0,12 inchi dalam sebulan. “Menurut Dr.D’Anne Kleinsmith,seorang dermatologis di West Bloomfield,Michigan kuku tangan lebih cepat tumbuh disebabkan pada kuku tangan sirkulasinya lebih baik dibandingkan dengan kuku kaki”.

Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa ada faktor lain yang memengaruhi pertumbuhan kuku baik tangan maupun kaki. Faktor tersebut adalah hormon, usia, iklim dan waktu setiap tahunnya. Misalnya saja, kuku orang yang masih muda tangan akan tumbuh lebih cepat pada orang yang sudah tua. Dan kuku laki-laki akan lebih cepat tumbuh saat digunakan bekerja berat dengan suhu yang lebih panas.

Kuku tangan diproduksi oleh sel kulit yang hidup pada tangan. Kuku tangan terdiri dari beberapa bagian termasuk nail plate (bagian kuku yang terlihat oleh mata),nail bed (kulit dibawah nail plate),kutikula (jaringan yang melapisi plate dan bagian dasar kuku),nail fold (lipatan kulit yang membentuk kuku dan mendukung kuku dari tiga sisi),lunula (bagian kuku yang berwarna keputih-putihan berbentuk seperti bulan sabit dibagian bawah kuku),dan matriks (bagian kuku yang tersembunyi dibawah kutikula).
Kuku tangan tumbuh dari bagian matriks. Kuku sebagian besar dibentuk oleh keratin,sebuah protein yang keras (yang juga terdapat pada kulit dan rambut). Sebagai sel yang baru tumbuh dalam matriks,sel yang lama akan dipaksa keluar.
Karena itu kuku tangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki,dan kuku pada tangan kanan manusia tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kuku pada tangan kirinya,begitupun sebaliknya. Jenis kelamin berpengaruh pula,kuku laki-laki lebih cepat panjang dibandingkan dengan kuku perempuan. Makin panjang ruas jari semakin cepat pertumbuhannya (misalnya kuku jari tengah akan lebih cepat panjang dari kuku kelingking, dan kuku ibu jari kaki akan lebih cepat panjang dari kuku kelingking kaki). Kuku jari kaki pun tumbuh lebih lambat dari kuku jari tangan.

Meskipun berbeda pertumbuhannya antara kuku tangan dan kuku kaki,berilah perawatan yang sama antara keduanya agar terhindar dari infeksi dan jamur yang bisa tumbuh pada kuku kaki dan kuku tangan.
Berikut fakta-fakta tentang kuku:
  • Kuku tumbuh sekitar 0,1 mm perhari perhari atau sekitar 0,004 inchi perhari.
·         Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, tiga kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.
  • Kuku jari tangan tumbuh tiga kali lebih cepat dibanding kuku jari kaki.
  • Kuku jari kaki lebih tebal dua kali daripada kuku tangan.
  • kuku laki-laki tumbuh lebih cepat daripada kuku prempuan
  • Kuku berfungsi adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh.
·         Secara umum, kuku cenderung tumbuh lebih cepat selama musim panas dibanding musim dingin.


Pernahkah kita mengalami bahwa kita lebih sering memotong kuku tangan dari pada kuku kaki?? Mengapa kuku tangan kita lebih cepat panjang dari pada kuku kaki?? Apa sebabnya?Jawaban untuk pertanyaan ini adalah :
  1. Posisi kuku tangan yang dekat dengan jantung dan posisi kaki yang lebih jauh dari jantung (Hal ini disebabkan karena posisi organ yang dekat dengan jantung maka akan lebih dulu dan lebih sering dialiri darah, dan darah sendiri memiliki kandungan oksigen serta sari-sari makanan yang harus diedarkan keseluruh tubuh, dan akhirnya organ yang dialiri darah tersebut akan melakukan aktivitas pertumbuhan sel. semakin jauh dari jantung semakin sedikit pasokan darahnya sehingga mengurangi aktivitas sel)
  2. Kuku tangan yang lebih sering terkena paparan sinar matahari sedangkan kuku kaki tertutup (Paparan sinar matahari akan merangsang pertumbuhan sel yang lebih cepat, maka dari itu kuku tangan lebih cepat panjang dari pada kuku kaki yang lebih sering tertutup dari sinar matahari karena memakai kaos kaki dan sepatu)
  3. Aktivitas tubuh yang berat (Orang yang sering melakukan olahraga maka orang itu akan lebih sehat, karena orang yang berolahraga maka, darahnya lebih cepat mengalir untuk menutrisi jaringan-jaringan atau organ yang dilewatinya, dan aktivitas sel akan meningkat, sehingga apabila terjadi kerusakan pada sel, maka sel tersebut akan langsung me-regenerasi sel yang rusak tersebut).
  4. Kuku tangan lebih cepat tumbuh disebabkan pada kuku tangan sirkulasinya lebih baik dibandingkan dengan kuku kaki.
5.    Kuku tangan tumbuh dari bagian matriks.( Kuku sebagian besar dibentuk oleh keratin,sebuah protein yang keras atau yang juga terdapat pada kulit dan rambut.  Sebagai sel yang baru tumbuh dalam matriks,sel yang lama akan dipaksa keluar).
6.    Kuku dihasilkan oleh sel-sel kulit pada jari. (Pertumbuhan kuku sangat dipengaruhi oleh aktivitas sel-sel kulit itu. Aktivitas sel-sel ini sangat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti lingkungan,suhu (suhu panas mempercepat proses metabolisme sel sehingga kuku lebih cepat tumbuh,dan lain-lain).

Diagnosa penyakit
Sejak dulu, sudah ada teknik mendiagnosis penyakit lewat kuku. Penafsiran penyakit lewat kuku ini sebenarnya sudah dilakukan orang sejak zaman Hippocrates((kira-kira tahun 460 Sebelum Masehi – 377 Sebelum Masehi). Berikut beberapa kejanggalan kuku yang dapat membantu dokter mendiagnosis suatu penyakit :
  • Warna kebiruan pada pangkal kuku menandakan kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.
  • Bila separuh bagian dekat ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih, itu merupakan gejala penyakit gagal ginjal kronis.
  • Bila timbul kerutan horizontal dan kuku tampak kusam, itu menandakan kurang gizi atau gejala suatu penyakit seperti campak, cacar air, gondok,  serta kondisi seperti sindrom Reynaud (kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat sangat kedinginan).
  • Lapisan merah membujur pada kuku, menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler. Garis-garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi (hipertensi).
  • Bila pertumbuhan kuku tampak lambat, tebal dan mengeras serta kekuning-kuningan, menandakan gangguan getah bening atau penyakit pencernaan kronis.

Anda juga bisa mendownload file Power Point-nya DISINI!!!



Sumber:


Yohanes.com
Previous
Next Post »

Pages