Bahaya Pemakaian Laptop dipangkuan



Bahaya Pemakaian Laptop dipangkuan


Laptop, Siapa yang tidak tahu laptop? Laptop adalah komputer portable (mudah dibawa kemana-mana). Keberadaan laptop saat ini adalah bertujuan untuk kenyamanan para pengguna. Ketika seseorang lebih memilih menggunakan laptop daripada komputer, tentu mereka lebih mengutamakan aspek praktis dan fleksibel. Itu karena laptop sangat praktis untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi sehingga memudahkan untuk dibawa kemanapun.
Namun, dibalik kemudahan tersebut, kita harus berhati – hati dalam memakai laptop. Kita harus menggunakannya dengan benar. Hal yang sering kita lakukan adalah memakai laptop dipangkuan (dipaha) kita. Memang memakai laptop seperti itu sangat nyaman. Tetapi sebaiknya kita menghentikan kebiasaan kita memekai laptop dipangkuan. Terutama bagi anda para pria. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa radiasi yang dipancarkan dari laptop bisa mempengaruhi kesehatan seksual para pria. Pengaruh radiasi itu bisa dirasakan saat pria menggunakan laptop dengan meletakkan di pangkuannya. Suzanne Kavic, MD, seorang spesialis masalah reproduksi dari Loyola University Health System seperti yang ditulis di ScienceDaily.com, menyatakan bahwa panas yang dihasilkan dari sebuah laptop dapat berdampak pada produksi dan pengembangan sperma, sehingga mengakibatkan kesulitan pada proses terjadinya kehamilan. Hal ini terjadi karena panas (salah satunya yang ditimbulkan oleh laptop) dapat merusak sperma, mengurangi jumlahnya, dan juga membuat sperma menjadi lambat bergerak.namun anda jangan salah persepsi, tidak semua pria pengguna laptop mengalami infertilitas. Ini hanya masalah cara pemakaian yang salah.
Berikut hal – hal yang perlu dipehatikan dalam menggunkan laptop yang nyaman dan terbilang aman :
  • Jangan meletakkan laptop di atas pangkuan saat sedang menyalakan Wi-Fi
  • Jangan mengistirahatkan laptop di pangkuan karena akan meningkatkan paparan radiasi pada testis dan menyebabkan ketegangan otot leher dan lengan
  • Gunakan laptop hanya di atas meja
Letakkan laptop di atas meja atau di dekatnya tapi menggunakan keyboard nirkabel di pangkuan. Ini adalah cara yang nyaman sekaligus menghindari paparan radiasi pada testis.
Selain itu, laptop juga mempunyai potensi bahaya yang lain bagi kesehatan kita,   yaitu :
1.Dermatitis
Laptop hangat di paha menimbulkan masalah lebih serius daripada yang Anda bayangkan. Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics mengupas kasus seorang anak berusia 12 tahun yang mengembangkan kondisi kulit yang berubah warna kecoklatan, berbintik-bintik dan menyakitkan. Gejala yang secara klasik disebut erythema ab igne atau sindrom kulit terpanggang itu diakibatkan oleh penggunaan jangka panjang komputer laptop yang ditempatkan di atas paha. Artikel itu juga mencatat 10 kasus lain yang dilaporkan, dan kemungkinan masih banyak lagi yang tidak dilaporkan.
2. Pemanasan Sperma
Sebuah artikel dalam jurnal Human Reproduction (2005) mengeksplorasi hubungan laptop panas dengan jumlah sperma yang berkurang pada pria. Ternyata panas dari laptop dapat menghangatkan sperma laki-laki ke titik tidak aktif. Kondisi ini, yang disebut hipertermia skrotum, berpotensi menjadi masalah besar, terutama karena laptop sangat populer di kalangan pria muda yang berusia produktif.

3. Masalah punggung, pundak dan leher

Risiko lain yang terkait laptop adalah nyeri punggung dan leher karena posisi tubuh yang buruk. Laptop tidak selalu ditempatkan di meja khusus seperti komputer biasa. Tanpa disadari, tidak jarang Anda terlalu membungkuk saat menggunakan laptop yang diletakkan di lantai, di meja kecil atau di pangkuan. Hal ini dapat menyebabkan masalah punggung dan leher.

4. Carpal tunnel syndrome

Keyboard yang lebih kecil pada laptop dapat meningkatkan risiko carpal tunnel syndrome (CTS), yaitu kompresi dan jebakan pada saraf median yang memanjang di pergelangan tangan. Hal ini menyebabkan kesemutan, mati rasa, atau nyeri pergelangan tangan. Selain itu, kekuatan tangan dapat berkurang dan tidak mampu mengepal, memegang benda, atau melakukan tugas-tugas manual lainnya.
Demikian sedikit info, semoga bermanfaat................... ^.^
Sumber :
 http://spermaencer123.com/bahaya-radiasi-laptop-bagi-kesehatan-seksual-pria.htm
. http://inimu.com/bebas/2009/06/20/laptop-bisa-menyebabkan-kemandulan/
  http://majalahkesehatan.com/4-potensi-bahaya-penggunaan-laptop/
 
           
  
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
77777
AUTHOR
1 April 2016 at 20:14 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Pages