Minuman Bersoda Dapat Memperlancar Keluarnya Darah Menstruasi



Minuman Bersoda Dapat Memperlancar Keluarnya Darah Menstruasi

Haid tidak lancar, rasanya memang menjengkelkan. Selain menahan rasa sakit perut, aktivitas sehari-hari jelas terganggu. Nah, beberapa diantara para wanita minum minuman bersoda saat haid. Itu tentu saja untuk memperlancar menstruasi dan untuk mengurangi sakit perut.  Benarkah demikian ?
Menstruasi merupakan perubahan fisiologiis dalam tubuh wanita yang  secara belaka dan dipengaruhi oleh hormone reproduksi baik FSH Esterogen atau LH Progesteron. Menstruasi itu berawal ketika seorang wanita berusia remaja dan akan berakhir atau mengalami menopause ketika wanita sudah berusia manula atau lanjut usia.Lancar atau tidaknya mentruasi dipengaruhi oleh factor internal. Yakni hormone dan factor psikis sesorang yang mungkin pada setiap wanita itu tidak mungkin sama. Selain itu, juga dipengarhi oleh banyak pikiran. Jadi, dengan minum minuman beroda itu tidak ada hubungannya dengan menstruasi yang lebih cepat. Kalau masalah keluhan nyeri saat menstruasi bisa disebabkan oleh posisi rahim. Jadi kalau posisinya rahim kita menyebabkan leher rahim ( saluran keluarnya darah menstruasi ) terjepit, maka akan menimbulkan keluhan nyeri. Tetapi, sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari para remaja sering minum minuman bersoda agar menstruasinya cepat selesai. Akan tetapi, minuman bersoda itu jika dikonsumsi oleh orang yang menderita asam lambung ( maag-gatritis ) justru dapat meningkatkan keluhan seperti mual, bahkan muntah saat mengalami mentruasi. Jadi, sedikit atau banyaknya darah yang keluar saat mentruasi dan lama atau tidaknya menstruasi tidak dapat kita tentukan dengan cara meminum minuman bersoda. Karena, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menstruasi ( durasi menstruasi ) sekitar 3-7 hari. Jika darah menstruasi menjadi sangat deras dan kadang-kadang tidak teratur, kondisi tersebut sering disebut sebagai merriorhargia ( menstruasi yana deras )/ menomebrorrhargia ( menstruasi yang deras dan tidak teratur ).
Tidak ada kaitannya antara minum minuman bersoda dengan lancarnya darah menstruasi yang keluar. Adapun cara yang dapat memperlancar keluarnya darah menstruasi, tetapi sebelum mengetahuinya alangkah baiknya kita mengetahui apa penyebab tidak lancarnya menstruasi itu. Diantaranya adalah sebagai berikut :
1.    Berat badan yang berlebihan atau kurang dapat menyebabkan terganggunya metabolisme lemak yang mempengaruhi kadar esterogen dalam tubuh.
2.    Kelelahan, kondisi fisik yang kelelahan dapat menganggu siklus haid.
3.    Stres atau sedang banyak pikiran atau sedang mempunyai banyak masalah.
4.    Terlalu banyak mengonsumsi makanan minuman yang dingin.
5.    Kadar gula yang berlebih di dalam tubuh dapat mempengaruhi ketidaklancaran haid.
6.    Melakukan diet yang tidak baik atau buruk.
Selain kita mengetahui apa penyebab mengapa menstruasi tidak lancar, ada beberapa tips cara untuk memperlancar menstruasi diantaranya adalah :
1.    Sering mengonsumsi sayuran yang berdaun hijau.
2.    Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi karena dapat menghambat proses haid.
3.    Kurangi aktivitas yang melelahkan.jika anda lelah ada baiknya beristirahat sebentar dan untuk mengurangi kelelahan jangan terlalu mengangkat benda yang berat.
4.    Konsumsilah produk kedelai.
5.    Memperbanyak minum air putih.
6.    Hindari sering mengonsumsi makanan atau minuman yang manis.
7.    Lakukan olahraga ringan secara teratur.
8.    Hindari makanan pedas dan makanan cepat saji.
9.    Konsumsi ramuan alami untuk memperlancar haid seperti jamu atau ramuan herbal alami.
Jadi, anggapan para wanita bahwa minuman bersoda dapat memperlancar keluarnya darah menstruasi dan menghilangkan rasa sakit saat menstruasi itu tidak benar. Karena tidak ada kaitannya sama sekali. Justru minuman bersoda dapat menyimpan bahaya yang serius. Berikut bahaya minuman bersoda diantaranya adalah sebagai berikut :
1.    Membahayakan ginjal, kandungan minuman bersoda yakni pemanis buatan, pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat.
2.    Meningkatkan resiko diabetes. Hal ini karena hormone insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat otot ( glikogen ). Akibatnya, gula darah ( glukosa ) akan meningkat dan membahayakan.
3.    Meningkatkan resiko obeitas, karena minuman bersoda kaya akan kalori, kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan resiko obesitas.
4.    Meningkatkan resiko tulang rapuh. Karena minuman bersoda mengandung asam fosfat yang menyebabkan kerapuhan tulang.
5.    Meningkatkan resiko kanker pancreas.
6.    Meningkatkan kerusakan pada gigi. Hal ini karena kandungan zat gula yang ada di dalam minuman tersebut. Selain itu, asam fosfat juga memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.  
Jadi, anggapan masyarakat bahwa minuman bersoda itu dapat memperlancar dan mengurangi sakit saat menstruasi itu TIDAK BENAR. Anggapan tersebut hanya sebuah mitos yang tidak terbukti kebenarannya.
Di atas sudah dijelaskan penyebab tidak lancarnya menstruasi, cara memperlancar menstruasi dan bahaya minum minuman bersoda. Nah, sekarang kita harus mengetahui penyebab nyeri saat menstruasi. Penyebab umum adalah kondisi fisiologis yang terjadi pada wanita yang melahirkan, dimana leher rahimnya masih sempit sehingga ketika menstruasi, uterus harus berkontraksi kuat untuk mengeluarkan darah menstruasi dan menimbulkan rasa sakit. Penyebab lainnya, bisa saja karena adanya tumor ( mioma ) atau kista yang disebabkan oleh endometriosis. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim. Ketika seorang perempuan menstruasi, hormone tertentu dilepaskan ke tubuh. Hormone-hormon tersebut disebut prostaglandin. Hormone ini bekerja merangsang kontraksi otot yang diperlukan untuk meluruhkan lapisan rahim. Seiring otot rahim berkontraksi dalam upaya meluruhkan lapisan dinding rahim, rasa nyeri ( kram ) umumnya yang turut  menyertai. Meskipun kontraksi menstruasi tidak sekuat kontraksi yang dialami  selama persalinan dan melahirkan, otot yang terlibat sebenarnya sama. Sebagian wanita  mengalami nyeri ( kram ) pada setiap siklus menstruasi, sementara yang lain hanya mengalami seekali. Rasa nyeri saat kram menstruasi terjadi ketika kontraksi kuat memotong suplai darah ke rahim, sehingga menyebabkan otot terkait kekurangan oksigen. Untungnya kekurangan oksigen serta rasa sakit umumnya hanya terjadi sementara. Dalam beberapa kasus, kram menstruasi dan rasa nyeri yang ditimbulkannya begitu parah.
Hal in bisa terjadi karena kondisi kesehatan tertentu seperti misalnya endometriosis  yang menyebakan nyeri perut ektrim, serta kram menstruasi yang parah. Fibiroid juga dapat menyebabkan nyeri parah yang disertai pendarahan berat. Dalam kebanyakan kasus, nyeri menstuasi merupakan bagian normal dalam kehidupan wanita. Adapun cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :
1.    Konsumsi makanan sehat, perbanyak makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E, omega 3. Mengonsumsi buah dan sayur serta makanan yang mengandung banyak protein nabati.
2.    Kompres perut.
Anda dapat mengompres perut dan punggung bawah dengan menggunakan bantalan pemanas. Adapun yang melakukan rileksasi dengan cara melakukan berendan di dalam air hangat untuk mengatasi nyeri menstruasi.
3.    Berbaring.
Anda juga bisa mencoba berbaring di tempat tidur atau sofa untuk mengurangi rasa nyeri. Saat menstuasi, anda akan merasakan nyeri di bagian punggung itu biasa. Dengan cara berbaring anda akan meredakan rasa nyeri. Gunakan bantal untuk menyangga lutut dan sambil nafas panjang perlahan buang, lakukan hingga anad merasa nyaman.
4.    Pijatan lembut.
Pijatan ringan dapat dilakukan pada bagian perut bawah secara merata dan tulang punggung. Pemijatan juga bisa dilakukan secara hati-hati pada otot sekitar pusar dengan cara mencubit.
5.    Minum jamu menggunakan ramuan dengan mencampurkan 15-30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit kemudian direbus denan 600 cc air, diminum 2 kali sehari.
6.    Olahraga ringan.
Olahraga yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri haid adalah dengan berjalan kaki.
Itulah informasi yang dapat diberikan dari penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasi nyeri menstruasi. Dan dapat ditegaskan bahwa minum minuman bersoda tidak dapat memperlancar menstruasi dan tidak dapat menghilangkan nyeri pada saat menstruasi, karena tidak ada kaitannya sama sekali. Jaji anggapan atau hal-hal yang beredar di masyarakat yang  sering kita percayai sehari-hari itu hanya sebuah mitos dan tidak terbukti kebenarannya.


                  2. http://cepat-sehat-secara-alami.blogspot.com
                  3. http://www.menstruasi.org
Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
Admin
AUTHOR
10 July 2015 at 02:53 delete

Menarik artikel cara memperlancar haid nya, salam kenal

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26 July 2015 at 21:16 delete

makasih kunjungannya gan..... mampir lagi ya :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30 August 2015 at 20:24 delete

thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

http://acemaxsok.com/obat-herbal-nyeri-haid/

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16 October 2015 at 13:24 delete

makasih kunjungannya, mampir lagi ya........ :)

Reply
avatar
8 January 2016 at 20:22 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Unknown
AUTHOR
11 March 2016 at 20:10 delete

Jika Memang Tidak Benar mengkomsusi minuman bersoda untuk memperlancar hard.tapi knp setelah Saya minum minuman Bersoda keesokan harinya mens Saya datang.apakah suatu kebutulan?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 March 2016 at 00:10 delete

Jika Memang Tidak Benar mengkomsusi minuman bersoda untuk memperlancar hard.tapi knp setelah Saya minum minuman Bersoda keesokan harinya mens Saya datang.apakah suatu kebutulan?

Reply
avatar
77777
AUTHOR
1 April 2016 at 20:08 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Unknown
AUTHOR
20 April 2016 at 17:34 delete

mungkin memang mbak kebetulan minum soda pas tanggal dekat dengan hari had

Reply
avatar
19 July 2016 at 21:18 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
toko semarang
AUTHOR
10 December 2016 at 09:33 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Unknown
AUTHOR
9 February 2017 at 13:53 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
rejekitogel
AUTHOR
13 February 2017 at 20:51 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Aulia
AUTHOR
9 July 2017 at 00:09 delete

thx you for good article

Reply
avatar
Aulia
AUTHOR
9 July 2017 at 00:12 delete

thx you for good article

Reply
avatar

Pages