campak



CAMPAK, ANAK – ANAK ATAU DEWASA? SATU KALI ATAU LEBIH?

Campak, siapa yang tidak mengenal penyakit ini? Penyakit ini cukup populer dengan ciri-ciri yang mudah dikenali yaitu bintik merah di sekujur badan. Campak atau yang dikenal juga dengan nama morbilli, rubeola atau measles ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Virus yang dimaksud disini adalah morbillivirus dari keluarga Paramyxoviridae. Penyakit ini sering ditandai dengan munculnya ruam merah dikulit sebagai tanda adanya perubahan yang terjadi didalam tubuh. Pada awal penyakit ruam muncul sebagai ciri ciri campak awal yang menyebar di seluruh tubuh dan kemudian gejala flu termasuk demam tinggi, batuk kering, pilek dan radang mata serta tumbuh bercak-bercak putih kecil kebiruan yang di temukan didalam mulut.
Campak adalah salah satu penyakit yang menular. Virus campak ini menular ke orang lain melalui udara atau percikan dari air ludah, dari hidung, dari mulut maupun dari tenggorokan penderita yang terkena campak tersebut, bisa juga karena interaksi langsung dengan si penderita. Jadi tidak heran jika di dalam sebuah rumah, ketika seorang anak menderita campak, anak-anak yang lain akan ikut tertular. Waktu penularannya sendiri bisa terjadi antara seminggu sebelum si penular memberikan tanda ruam hingga satu minggu setelah ruam-ruam si penular hilang. Oleh karena itulah, jika memiliki anak yang terkena campak, maka mulailah mengawasi dan memisahkannya sementara waktu dengan anak-anak lainnya, dibandingkan akan mengalami kerepotan karena mengurus semua anak yang terkena campak.
Anak – anak sajakah yang bisa menderita penyakit campak ? TIDAK!!! Virus campak (virus morbilli) tidak harus menimbulkan penyakit campak di masa kecil. Orang-orang dewasa juga bisa terkena campak. Hal ini disebabkan karena dari masa dia kecil hingga sebesar itu, dia belum pernah terkena penyakit campak. Sehingga tubuhnya belum mempunyai antibodi penangkal virus campak tersebut. Selain itu, orang dewasa bisa erkena campak karenaa orang dewasa tersebut tidak melakukan imunisasi campak di saat kecil. Ingat, imunisasi campak diberikan pada saat bayi berumur 9 bulan dan ulangan di usia 6 tahun.
Dapatkah campak terjadi dua kali atau lebih dalam seumur hidup ? BISA!! Tetapi  campak merupakan tipe penyakit yang menyerang seseorang sekali seumur hidup. Hal ini karena setelah sekali virus campak menyerang, tubuh seseorang tersebut akan membentuk antibodi yang membuat dia kebal terhadap jenis campak tersebut. Jadi jika di lain waktu orang tersebut diserang virus campak itu lagi, virus itu tidak akam membuat dia sakit lagi. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kekebalan tubuh orang tersebut sedang tidak baik dia akan tertular campak dari orang lain, maka bisa jadi dia akan menghadapi sakit campak lebih dari satu kali. Namun, kasus ini sangat sedikit. Semua orang bahkan percaya bahwa campak memang hanya satu kali dalam seumur hidup.
Sumber :
http://www.kesehatan123.com/1662/gejala-campak/
http://health.detik.com/read/2010/09/28/150017/1450464/763/penyebab-orang-dewasa-masih-kena-campak
http://obattradisionalplus.com/search/penyebab-penyakit-campak/
Mengapa Orang Dewasa Terkena Campak  — Artikel Tentang Kesehatan Wanita.htm





Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
77777
AUTHOR
1 April 2016 at 20:14 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Pages