Timbulnya Jerawat Menjelang Menstruasi



Timbulnya Jerawat Menjelang Menstruasi


Jerawat merupakan hal yang sering membuat khawatir bagi perempuan. Jerawat yang tumbuh terkadang membuat seorang perempuan menjadi tidak percaya diri untuk menjalani aktivitasnya.Banyak penyebab yang dapat menimbulkan jerawat, seperti kulit terlalu berminyak, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, dan tidak rajin membasuh muka. Terkadang, perempuan juga menyadari bahwa apabila akan menstruasi atau sedang menstruasi, pasti jerawat itu akan tumbuh di wajahnya. Timbulnya jerawat dipengaruhi oleh ketidakseimbangan androgen yang menyebabkan stres dan memicu timbulnya jerawat.
Sedangkan Menstruasi merupakan siklus bulanan pada wanita kecuali pada masa kehamilan. Karena ini merupakan hal yang wajar, setiap wanita normal umumnya pernah mengalami haid. Namun, terjadinya perubahan hormon dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya jerawat secara tiba-tiba. Selain faktor eksternal seperti kebersihan kulit, jerawat juga disebabkan oleh perubahan produksi hormon saat menstruasi. Jerawat saat menstruasi bisa muncul karena adanya ketidakseimbangan hormon testosteron atau pun androgen. Satu efek buruk perubahan hormon yang sangat terlihat jelas adalah wanita akan bertambah sensitif, cenderung mudah marah sampai mengalami stress ringan.
v  Mencegah lebih baik dari pada mengobati
Sebelum terjadi jerawat, ada baiknya Anda melakukan pencegahan sehingga jerawat tidak dapat muncul pada wajah. Pada saat menjelang menjelang haid, Anda dapat mengoleskan krim jerawat atau lebih rajin membersihkan wajah dengan salicylic acid dan benzoyl peroxide.  
v  Kurangi makanan junk food
Makanan yang banyak mengandung minyak dapat membuat jerawat mudah untuk keluar. Oleh sebab itu kurangi makanan junk food. Cara terbaik untuk mengatasi jerawat karena pengaruh hormon adalah dengan diet sehat. Banyaklah makan sayur serta buah sebagai detoksifikasi atau pembuangan racun tubuh.
v  Konsumsi Suplemen
Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, dapat memberikan perubahan baik bagi kulit dan kesehatan. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mencoba meminum suplemen atau vitamin tambahan seperti zinc atau minyak ikan. Dengan mengkonsumsi suplemen tersebut dapat mengontrol minyak dan detoksifikasi kulit.
v  Menjaga kebersihan wajah
Untuk menjaga jerawat agar tidak muncul lagi, sebaiknya Anda secara rutin membersihkan wajah. Dengan mencuci wajah tersebut dapat membersihkan kotoran dan sel-sel kulit yang telah mati.
v  Konsumsi teh hijau
Minuman teh hijau memang sangat terkenal sebagai minuman pembuang racun. Selain itu teh hijau yang bermanfaat ganda untuk menyehatkan kondisi kulit. Kandungan teh hijau dapat melawan inflamasi, meningkatkan kadar hormon dan menyeimbangkan insulin yang berkontribusi pada jerawat.
Adapun untuk menghindarkan timbulnya jerawat pada saat menstruasi :

1. Cuka sari apel

Salah satu penyebab jerawat adalah pecahnya lapisan asam pada kulit. Mantel asam merupakan lapisan tipis pada kulit yang melindungi pori-pori kulit agar tidak terpengaruh oleh bakteri.
Cara pakai cuka sari apel ini yaitu oleskan cuka sari apel yang direndam bersama kapas pada wajah tujuh hari sebelum tanggal menstruasi. Biarkan cuka sari apel mengering pada kulit, lalu ulangi sekali lagi. Lakukan cara ini setidaknya dua hari sekali. Selain itu, cuka sari apel juga berguna untuk membantu mempertahankan kekencangan kulit sehingga penampilan Anda terlihat lebih muda.

2. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon kayu putih merupakan antiseptik yang tangguh untuk menghilangkan bakteri, virus, dan jamur yang menyebabkan jerawat. Untuk mencegah tumbuhnya jerawat pada saat menstruasi, pakailah tea tree oil sebelum dan selama menstruasi. Caranya, tambahkan minyak dengan air, setelah itu dibasuh ke wajah Anda.

3. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Selain mencegah sariawan, vitamin C juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah karena kulit Anda kering. Maka mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C sangat baik untuk kulit dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kendalikan stres

Stres juga dapat memicu timbulnya jerawat, apalagi stres berlebihan. Untuk Anda yang ingin wajahnya berseri dan bebas jerawat, jauhi pikiran Anda untuk memikirkan hal-hal yang membuat Anda pusing. Semakin Anda stres, semakin banyak jerawat yang akan timbul di wajah Anda.

5. Diet sehat

Manfaat diet selain utuk menjaga berat badan Anda, diet juga dapat mencegah timbulnya jerawat pada saat menstruasi. Lakukanlah diet sehat dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan perbanyaklah minum air putih.
Hindarkan makanan sampah atau junk food karena makanan itu mengandung banyak minyak dan kadar lemak yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan jerawat di wajah Anda.
Walaupun jerawat itu terkadang hilang sendirinya dari wajah Anda, tetapi tetap akan meninggalkan bekas di wajah. Sering-seringlah merawat kecantikan wajah Anda agar ketika menstruasi, wajah akan selalu berseri dan bebas jerawat.
Salah satu cara untuk merawat wajah berjerawat adalah menghindari kegiatan memegang, mengusap atau bahkan memencet jerawat, bahwa tangan adalah media penyebar kotoran, kuman maupun bakteri yang merugikan. Pantangan ini bertujuan agar jerawat di wajah cantik anda tidak semakin bertambah parah dan bertambah banyak. Rajin mencuci tangan memakai sabun adalah langkah yang tepat untuk menjaga kebersihan tubuh termasuk area muka.

Beberapa Cara Mencegah Munculnya Jerawat Saat Menstruasi :

  1. Perhatikan kebersihan kulit wajah
    Sudah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab eksternal timbulnya jerawat adalah kotoran yang menempel pada muka kemudian bercampur dengan minyak kulit. Merawat wajah dengan selalu membersihkan nya secara teratur minimal 2 kali sehari merupakan suatu keharusan.
    Entah pada masa haid atau tidak, endapan kotoran pada lapisan kulit akan memicu masalah jerawat. Oleh karena itu, jagalah kebersihan wajah cantik anda.

  1. Mengendalikan stress berlebih
    Inilah penyebab utama jerawat muncul saat menstruasi – stress berlebih. Pandai-pandai lah menjaga pola pikir positif agar anda terhindar pada masalah stress. Anda juga bisa melakukan kegiatan untuk menenangkan pikiran atau mungkin mencoba minuman tradisional dari daun pandan sebagai obat gelisah.

  1. Perbanyak asupan cairan tubuh
    Saat kulit wajah kering dan mudah kusam karena kurang cairan dalam tubuh makan resiko munculnya jerawat semakin besar. Minum jus buah yang banyak mengandung
    vitamin C bisa membantu tubuh anda tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit.
    Biasakan juga menjalankan hidup sehat dengan
    meminum air putih minimal 8 gelas dalam sehari agar tidak terjadi dehidrasi.

  1. Menggunakan masker apel
    Manfaat apel untuk wajah adalah dapat membantu proses regenerasi kulit serta mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Haluskan buah apel kemudian campur dengan madu dan gunakan sebagai masker muka.
    Untuk lebih mudahnya, anda juga bisa menggunakan cuka sari apel kemudian oleskan ke wajah dengan memakai kapas. Biarkan sampai mengering sebelum mencuci muka. Lakukan teratur dua kali sehari pada saat tujuh hari sebelum tanggal haid.

5.     Menggunakan sabun muka
Untuk mengatasi jerawat yang sudah muncul, anda bisa menggunakan sabun muka yang mengandung sulfur dan benzoil peroksida. Atau memanfaatkan kebaikan alam dengan memakai :
    • Jeruk nipis
    • Daun sirih
    • Bunga mawar
Tips menghilangkan jerawat saat haid :
1.    Anda harus lebih rajin membersihkan wajah anda jika anda sudah tahu bahwa anda sangat akrab terkena jerawat setiap anda datang bulan. Hal ini tentu lebin mudah, mencegah lebih baik daripada mengobati.
2.    Anda disarankan menggunakan handuk dan sprei yang benar-benar bersih. Hal ini ada kaitannya dengan kotoran dan bakteri, karena jerawat juga akan lebih mudah menjangkiti anda apabila handuk dan sprei anda kotor dan mengandung banyak bakteri. Jadi, anda perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap dua macam barang ini.
3.     Anda usahakan mengurangi konsumsi junk food. Junk food dikenal banyak mengandung gula dan lemak jenuh. Untuk itu, kurangilah mengkonsumsi junk food, agar kulit anda lebih sehat dan dapat terhindar dari jerawat musiman tersebut.
4.    Konsumsilah suplemen. Hal ini sangat disarankan apabila anda merasa belum cukup yakin akan bisa terhindar dari jerawat walaupun sudah mengkonsumsi makanan yang sehat. 
5.    Disarankan anda meminum teh hijau 3 kali sehari ketika anda sedang mengalami haid. Teh hijau dipercaya mampu mengurangi resiko terkena jerawat. Jadi, nikmati teh hijaunya, dan rasakan manfaatnya. 
6.     Jika anda sudah melakukan semua tips diatas, akan tetapi anda masih saja terkena jerawat saat haid, langkah terakhir adalah kunjungilah dokter. Konsultasikan semua keluhan anda dan mintalah saran terbaik dari dokter. 



Sumber:
Siti Halimah halihalimah25@gmail.com tentang "Penyebab munculnya jerawat sebelum menstruasi"
Vera Farah Bararah - detikHealth  Selasa, 29/06/2010 15:00 WIB.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
8 May 2017 at 02:35 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Jaja Zaleha
AUTHOR
17 May 2018 at 16:00 delete

Berguna sekali tips di sini. Faktor hormon dan stress sangat menyumbang kepada jerawat saat period. Saya pun ada alami masalah yang sama sebelum ni, Alhamdulillah sekarang dah makin reda.. :)

Reply
avatar

Pages