mata bengkak akibat menangis


MATA BENGKAK AKIBAT MENANGIS
Mata merupakan salah satu panca indera yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Khususnya bagi kaum perempuan. Mata merupakan salah satu mahkota yang indah dalam mempercantik penampilan wajah. Namun, apa yang terjadi  jika maka yang indah tersebut bengkak? Tentu hal tersebut mempengaruhi penampilan.Mata yang bengkak mengurangi rasa percaya diri, khususnya bagi kaum perempuan meskipun sudah ditutupi dengan make up.
Setiap orang pasti pernah menangis. Menangis adalah salah satu cara untuk mengungkap emosi. Meski begitu, di beberapa budaya, menangis dianggap sebagai hal yang lemah dan hanya dilakukan oleh kaum perempuan. Meskipun pada kenyataannya, tidak ada yang salah dengan menangis.
Perlu kita ketahui bahwa menangis memberikan manfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah:
1. Membantu Melihat
Fungsi dasar air mata adalah memungkinkan manusia untuk melihat. Air mata tidak hanya melumasi bola mata dan kelopak mata, tapi juga mencegahnya agar tidak kekeringan. Jika tidak dilumasi dengan baik, maka mata tidak dapat melihat.

2. Membunuh Bakteri
Air mata sebeanranya adalah zat antibakteri dan antivirus yang bekerja melawan semua kuman dari tempat-tempat yang dikunjungi.
Pada mata kita terdapat bakteri yang dapat dibersihkan menggunakan enzim lysozyme. Enzim tersebut terkandung dalam air mata. Jadi pada saat kita menangis otomatis kuman akan terbunuh dengan sendirinya akibat enzim lysozyme yang terkandung dalam air mata. Enzim lysozyme ini memiliki kemampuan membunuh bakteri lebih bagus dibanding dengan obat tetes mata dan dapat membunuh 90 - 95 % bakteri hanya dalam 5-10 menit. Itulah sebabnya anda perlu menangis pada saat-saat tertentu.

3. Menyingkirkan Racun
Ahli biokimia bernama William Frey telah meneliti air mata dan menemukan bahwa air mata yang terbentuk ketika mengalami kesedihan lebih beracun dari air mata yang terkena debu atau iritasi. Ternyata, air mata tersebut mengeluarkan racun dari tubuh yang terbentuk karena stres.
4. Meningkatkan Suasana Hati
Terlalu banyak kadar zat mangan (Mn) dapat menyebabkan hal-hal buruk seperti: kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosional, dan seluruh perasaan negatif lainnya. Menangis menurunkan kadar mangan seseorang. Air mata yang keluar ketika sedih mengandung konsentrasi protein 24 % lebih tinggi dan dapat mengangkut molekul mangan yang beracun.

5. Menurunkan Stres
Air mata memiliki fungsi seperti keringat dalam berolahraga, maka menangis baik untuk meredakan stres. Air mata mengurangi beberapa bahan kimia yang muncul dalam tubuh karena stres seperti endorfin, leusin-enkaphalin, dan prolaktin. Tapi di satu sisi, air mata juga dapat meningkatkan tingkat stres dan memperparah penyakit yang diakibatkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan maag.

6. Menarik Simpati dan Mendekatkan Diri dengan Orang Lain
Air mata secara dramatis dapat mengubah pendangan seseorang dan menyatukan orang dengan cara yang tulus. Air mata dapat memecah dinding emosional dan hambatan mental dalam diri sendiri terhadap orang lain.
7. Melembabkan Mata
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa air mata dapat membantu melembabkan mata. Air mata dapat digunakan sebagai pelembab alami yang akan membuat mata kita terhindar dari rasa perih, kering, dan iritasi. Dengan menangis mata kita akan menjadi lembab walaupun mata kita akan menjadi sedikit merah. Namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama.
8. Membuat Perasaan Lebih Lega
Walaupun menangis tidak dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi, namun dengan menangis akan menimbulkan perasaan yang lebih lega sehingga seseorang dapat berfikir lebih jernih dibanding sebelum ia menangis.
9. Menyehatkan hidung
Menangis pun memiliki manfaat bagi pernapasan. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan salah satunya adalah sinusitis, yaitu radang sinus. Peradangan pada sinus akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung terganggu karena proses pengaturan kelembaban hidung tidak berjalan normal.
Setiap tahun, penderita penyakit ini semakin meningkat. Penderitanya akan mengalami rasa sakit pada bagian kepala, perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan hingga mengakibatkan rasa nyeri di seluruh wajah yang tak jarang menimbulkan bengkak. Menangis dapat berguna sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis.
10. Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya ketika seseorang sedang menangis pasti akan menceritakan masalahnya di depan teman-temannya, hingga orang lain akan memberi dukungan padanya. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.
Ada beberapa alasan manusia untuk menangis:
1. Menangis karena kasih sayang dan kelembutan hati.
2. Menangis karena rasa takut.
3. Menangis karena cinta.
4. Menangis karena gembira.
5. Menangis karena menghadapi penderitaan.
6. Menangis karena terlalu sedih.
7. Menangis karena terasa hina dan lemah.
8. Menangis karena mengikut-ikut orang menangis.
9. Menangis untuk mendapat belas kasihan orang.
10. Menangis orang munafik alias pura-pura menangis
Setelah menangis biasanya mata menjadi bengkak. Apa penyebab mata menjadi bengkak?
Penyebab mata bengkak setelah menangis adalah sebagai berikut:

1.    Cairan air mata mengandung garam yang bisa menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis akan membesar. Kondisi inilah yang membuat mata terlihat bengkak setelah menangis.

2.     Saat menangis terjadi peningkatan aliran darah di area wajah yang memicu terjadi pembengkakan di kulit bawah mata.
Ketika perasaan sedih atau emosional lainnya dipicu, maka saraf akan mengirimkan sinyal-sinyal ke otak yang kemudian dilanjutkan ke lacrimal (kelenjar di dalam tubuh yang berfungsi menghasilkan air mata).

Ada beberapa tips agar mata tidak terlihat bengkak/sembab setelah menangis, antara lain :

1. Mentimun
Masukkan irisan mentimun ke dalam lemari es, kemudian taruh pada mata selama kurang lebih 10 menit. Mentimun ini bermanfaat untuk mengatasi mata bengkak, karena kandungan airnya tinggi hampir 90 persen, sehingga bisa membantu untuk menghilangkan bengkak.

2. Memberikan kompres dingin pada mata
Misalnya dengan menggunakan handuk yang sudah direndam air dingin atau dengan es batu yang diletakkan dalam plastik. Kompres dingin tidak hanya untuk mengurangi bengkak tapi juga membantu mengurangi rasa nyeri dan sakit. Bisa juga dengan memasukkan sendok pada kulkas dan ketika dirasa sudah dingin usapkan atau tempelkan pada bagian mata yang bengkak.
3.Garam
Hindari makanan asin setelah menangis, karena  makanan yang mengandung garam tinggi justru akan memburuk keadaan. Karena makanan asin biasanya mengandung natrium, dan kelebihan natrium dapat meningkatkan retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak.
Akan tetapi  garam ternyata dapat digunakan untuk mengatasi mata bengkak. Ambil setengah sendok teh garam, dan tambahkan ¼ liter air. Celupkan cutton bud atau kapas pada larutan garam, dan kompreskan pada mata.

4. Teh celup
Seduh teh celup dengan air panas, lalu angkat dan diamkan sebentar hingga hangat. Setelah itu kompreskan pada mata yang bengkak, tutup dengan kain selama 5-10 menit.
Gunakan teh hijau atau teh hitam. Teh mengandung  kafein yang membantu mengurangi bengkak dan bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.
                     
5. Krim yang mengandung kafein
Jika tidak juga berkurang gunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk mengecilkan pembuluh darah di bawah mata sehingga pembengkakan berkurang. Oleskan dengan menggunakan jari manis secara lembut di kulit bawah mata.
Saat mengompres sebaiknya posisi tubuh berbaring atau duduk dengan kepala lebih tinggi.
Selain itu banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Meskipun cara ini tidak secara cepat mengatasi mata bengkak, namun dengan banyak minum putih akan membantu mempercepat proses pemulihan.

6. Meneteskan beberapa obat tetes mata untuk mengatasi kemerahan dan mengurangi radang pembuluh darah di mata.


Sumber:

Previous
Next Post »

Pages