Asam Urat Vs Kacang



Asam Urat Vs Kacang

Istilah asam urat dan sakit asam urat mungkin salah arti, karena memang tidak ada kaitannya dengan urat atau otot. Mungkin istilah ini merupakan terjemahan dari bahasa Inggris "urate" yang berasal dari kata uric atau urin yang berarti air seni. Sebenarnya istilah yang umum dipakai dan lebih tepat adalah "GOUT".
 Penderita penyakit ini semakin tahun semakin menunjukkan tingkat kenaikan yang cukup drastis. Hal ini sangat bekaitan dengan kaadaan orang-orang di jaman ini yang dituntut untuk super sibuk dalam pekerjaan. Tuntutan pekerjaan yang banyak menyita waktu dan harus bergerak cepat, menyebabkan
seseorang tidak sempat untuk mengatur pola hidup dan pola makan yang baik.
1.    Pengertian Asam Urat
Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal. Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.Dalam darah kita, misalnya, asam urat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah kita, sehingga pasokan terus-menerus asam urat adalah penting untuk melindungi pembuluh darah kita dalam kondisi asam urat normal dibawah 7, berkisar pada kadar normal asam urat adalah 2,4 – 6 untuk wanita dan 3,0 –7 untuk pria.
 Berdasarkan pengertian asam urat inilah maka dapat kita disimpulkan bahwa penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian. Pengertian purin sendiri adalah
zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup.
2.    Penyebab Asam Urat
·         Penyebab Asam Urat Primer
Penyebab ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh seseong namun belum diketahui secara pasti. Diduga disebabkan oleh faktor genetik dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh terganggunya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal lagi bermasalah.
  • Penyebab Penyakit Asam Urat Sekunder
    Penyebab ini sangat berkait erat dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sebagai faktor utama untuk penyebab sekunder ini. Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumi nutrisi kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Dia termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.
  • Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi inilah sebagai sebab asam urat juga ikut meninggi.
Dari uraian diatas mengenai faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat kali ini kita akan membahas salah satu factor-faktor tersebut yaitu tenteng penyebab asam urat karena asupan makanan yang kita konsumsi.
Contoh makanan yang dapat menyebabkan asam urat antara lain:
  1. Jeroan  → ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
  2. Seafood → udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
  3. Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  4. Makanan yang sudah dikalengkan → kornet sapi, sarden
  5. Daging kambing, daging sapi, daging kuda
  6. Bebek, angsa dan kalkun
  7. Kacang-kacangan → kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  8. Sayuran → kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  9. Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  10. Buah-buahan tertentu misalnya → seperti durian, nanas dan air kelapa
  11. Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
  12. Makanan kaya protein dan lemak 
Berikut ini adalah daftar makanan tinggi purin yang sebaiknya anda kurangi atau bahkan hindari :
Daftar
Makanan Tinggi Purine
Makanan
Asam Urat
(mg/100g)
Teobromin (kafein cokelat)
2300
Limpa domba/kambing
773
Hati sapi
554
Ikan sarden
480
Jamur kuping
448
Limpa sapi
444
Daun melinjo
366
Paru-paru sapi
339
Kangkung, bayam
290
Ginjal sapi
269
Jantung sapi
256
Hati ayam
243
Jantung domba/kambing
241
Ikan teri
239
Udang
234
Biji melinjo
222
Daging kuda
200
Kedelai & kacang-kacangan
190
Dada ayam dg kulit
175
Daging ayam
169
Daging angsa
165
Lidah sapi
160
Ikan Kakap
160
Tempe
141
Daging bebek
138
Kerang
136
Udang Lobster
118
Tahu
108
Berdasarkan penjelasan diatas mengenai makanan yang harus di hindari dan jumlah purin yang terkandung dalam makanan tersebut kacang masuk dalam kategori makanan yang mengandung banyak purin,dimana kelebihan memakan makanan yang mengandung banyak purin dapat menyebabkan asam urat. Jadi kenapa saat seseorang yang memiliki penyakit asam urat setelah memakan kacang penyakit asam uratnya kambuh hal itu karena kacang memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga perlu di himdari oleh penderita asam urat.
Gejala penyakit asam urat sangat khas dan mempunyai tiga tahapan
1.   Tanda Dan Gejala Tahap Pertama
Tahap pertama disebut tahap artritis gout akut yaitu Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari. Setelah serangan pertama, penderita akan masuk pada gout interkritikal. Pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu.
2.   artritis gout akut intermiten
ditandai dengan serangan artritis atau peradangan yang khas. Selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat
3.   gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat.
Tips tambahan bagi penderita asam urat untuk mengobati asam urat
  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
  • Jangan minum aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.
Sumber :
1)                   http://www.metris-community.com/daftar-kandungan-purin-dalam-makanan
2)                   http://majalahkesehatan.com/pantangan-dan-anjuran-bagi-penderita-asam-urat/
3)                   http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_urat


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
1 January 2018 at 18:05 delete

Terima kasih untuk artikelnya. Artikel ini mengupas jelas tentang asam urat dari penyebab, hingga solusi pemilihan makanan bagi penderita asam urat.

Reply
avatar

Pages