Kurang Tidur, Mata Berkantung



Kurang Tidur, Mata Berkantung

Tidur adalah kebutuhan yang penting dipenuhi, baik dalam kuantitas maupun kualitasnya.  Dengan memenuhi kebutuhan tidur, kita akan merasa segar dan bugar kembali. Namun, jika kita kelebihan waktu tidur dan kurang nyaman dengan tempat tidur  kita membuat  keadaan tubuh menjadi pegal – pegal ataupun pusing. Sebaliknya juga, apabila kita kurang tidur akan membuat tubuh letih, lelah, lesu, sehingga menghilangkan konsentrasi dalam melakukan suatu hal. Selain itu, kurang tidur juga membuat kulit menjadi kusam atau gelap dan keriput sehingga terlihat jauh lebih tua dari usia sesungguhnya. Kurang tidur membuat  wajah terlihat bengkak, merah, berkantung mata dan lesu. Tentu kalian tidak menginginkan menjadi seperti itu kan??. Setiap wanita pasti tidak menginginkan wajahnya terlihat tidak cantik apalagi dengan adanya kantung mata dan lingkaran hitam  disekitar mata ( lingkar mata panda ) . Mengapa kurang tidur bisa membuat mata berkantung ??. Maka akan dijelaskan penyebab timbulnya mata berkantung yang sebagai berikut. Kantung mata adalah penggelembungan kulit yang ada dibawah mata yang biasanya disertai dengan warna hitam. Kantung mata umumnya merupakan gangguan kesehatan ringan pada mata dan biasanya bisa hilang sendiri atau dengan perawatan alami. Meskipun bukan kondisi kesehatan yang serius, tapi kantung mata membuat kita menjadi tidak percaya diri pada saat harus tampil didepan publik. Intinya kantung mata membuat wajah kita tidak sedap dipandang mata. Apalagi jika kantung mata dibiarkan tanpa perawatan maka akan semakin menebal dan semakin terlihat jelas.
Penyebab umumnya dari kantung mata terjadi karena kurang tidur, bertambah usia, mata yang lelah karena aktifitas berat, stress atau faktor keturunan ( gen ) . Jika sudah menjaga pola tidur dengan benar namun kantung mata dan mata panda masih sulit untuk dihilangkan, dan berkepanjangan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan kemungkinan penyebabnya. Untuk lebih jelasnya penyebab dari kantung mata dan lingkar mata panda akan dibahas secara lebih rinci yaitu sebagai berikut :
1.    Hidung tersumbat
Hidung tersumbat dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh dan jaringan darah di bagian hidung membesar karena cairan sehingga, menyebakan urat darah halus dibawah mata menjadi gelap.
2.    Menangis
Menangis adalah penyebab paling umum terbentuknya kantung di bawah mata dan sekitarnya karena penumpukan cairan di kelenjar kecil area kelopak mata. Kantung mata ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, atau bisa dikompres air dingin agar lebih cepat kempis.
3.    Kurang Tidur dan Kelelahan
Tidak mendapat tidur berkualitas yang cukup dan terlalu lama bekerja di depan komputer bisa menyebabkan kelelahan. Lelah akan memicu terjadinya tekanan pada mata sehingga membuat bagian bawah mata sedikit bengkak, seperti berkantung.
4.    Pola Diet
Terlalu banyak mengasup yodium yang berasal dari makanan dengan penggunaan garam terlalu banyak juga bisa menimbulkan kantung mata. Konsumsi garam berlebihan menyebabkan penumpukan cairan dan itu paling pertama terlihat pada mata yang bengkak.
  1. Alergi kulit
Alergi dapat menyebabkan bertambahnya aliran darah ke daerah sinus. Bahkan bisa muncul sejak usia anak-anak. Biasanya alergi kulit ini menyebabkan gatal di sekitar mata, yang bila digaruk maka akan menyebabkan kulit menjadi gelap sebagai mekanisme perlindungan tubuh.
  1. Gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat, asupan gizi yang kurang, minuman beralkohol, minum kopi, merokok, dan kurang olahraga semua bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna di bawah mata.
7.    Khusus untuk ibu hamil atau ketika menstruasi
Kulit akan lebih pucat karena kekurangan zat besi. Akibatnya pembuluh darah akan lebih terlihat dari permukaan kulit, dan bisa saja disalah artikan sebagai lingkaran hitam. Untuk mengatasinya konsumsilah sayuran hijau ( misalnya bayam ), daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, roti gandum dan pasta yang diperkaya zat besi.
  1. Dehidrasi
 Kekurangan cairan akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah, yang secara signifikan dapat mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Akhirnya, kantung mata dan lingkar mata panda mulai muncul di bawah mata.
  1. Paparan sinar matahari
Walaupun bukan merupakan faktor terpenting yang menyebabkan lingkaran hitam, namun aktifitas di ruangan yang terlalu lama di bawah paparan sinar ultra violet  dapat meningkatkan produksi melanin.
  1. Penyimpangan pigmentasi
Kelebihan pigmentasi bisa menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Apabila ketika ditekan warna hitamnya tidak hilang, mungkin ada yang tidak beres dengan kondisi pigmennya.
  1. Pertambahan usia
Pada umumnya,  pertambahan usia menjadi penyebab utama timbulnya lingkar mata panda dan kantung mata. Ketika umur bertambah, kulit kehilangan cadangan kolagen dan lemak  sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung. Sehingga pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantung mata.
  1. Keturunan
Faktor warisan dari orang tuanya atau faktor gen.  Jika orang tua memiliki kantung mata, kemungkinan besar anda juga mewakili  'warisan'  tersebut. Kantung mata karena faktor gen sifatnya permanen. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengilangkan lingkar mata panda dan kantung mata.  Tapi anda juga harus siap untuk tidak terlalu berhasil ketika mencoba untuk menyingkirkannya.
Salah satu tips untuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam pada mata yang biasa disebut dengan lingkar mata panda ini adalah dengan istirahat yang cukup, yaitu biasakan tidur selama delapan jam sehari. Selain dapat mencegah lingkaran hitam pada mata, kebiasan ini bisa membuat tubuh anda selalu segar dan bugar.  Ada beberapa tips lain yang bisa dicoba untuk menghilangkan kantung mata dan lingkar mata panda yaitu sebagai berikut :
1.    Tidur secukupnya kurang lebih 8  jam ( jangan berlebihan juga jangan kekurangan )
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab adanya kantung mata adalah karena kurang tidur. Para pekerja malam seperti : penulis, editor, auditor, illustrator, dan wartawan biasanya rentan terserang kondisi mata berkantung ini karena pekerjaannya yang menguras waktu hingga malam. Oleh sebab itu, cara yang paling tepat memang mengatur waktu tidur agar seimbang dan secukupnya.
2.    Hindari Stress
 Stress yang berlebihan juga bisa menyebabkan mata berkantung. Oleh sebab itu, sebesar apapun masalah yang sedang kita hadapi, sebaiknya jangan terlalu dipikirkan dalam - dalam atau sewajarnya saja, karena hal itu akan mengganggu penampilan kita terutama wajah.
3.    Gunakan cream pelembab mata
Faktor usia tidak bisa dibohongi. Bertambahnya usia artinya berkurangnya elastisitas kulit terutama kulit wajah. Lihat saja, anak kecil tidak pernah mengalami masalah dengan kantung mata, sedangkan orang dewasa hingga tua sudah bisa dipastikan memiliki kantung mata. Oleh sebab itu untuk menjaganya, sebaiknya sebelum tidur kita menggunakan cream mata yang kita oleskan di daerah sekitar mata untuk menjaga elastisitas kulit.
4.    Gunakan mentimun
 Ambil mentimun lalu cuci dengan bersih, kemudian iris mentimun tipis - tipis. Lalu tempelkan irisan mentimun tadi ke mata anda sambil berbaring lalu biarkan 15 sampai 20 menit. Rileksasikan pikiran kita dan lakukan secara teratur. Hal tersebut dipercaya bisa mengurangi kantung mata.
  1. Gunakan Es batu
   Mengompres mata dengan es batu juga salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi kantung mata. Ambil handuk yang bersih lalu basahi dengan air es. Tempelkan handuk basah tersebut ke bagian bawah kelopak mata selama 5-10 menit. Sensasi dingin yang ditimbulkan mampu mempengaruhi pembuluh darah dan jaringan disekitarnya sehingga mengecil dan kencang kembali. 
6.    Air putih
Lagi-lagi air putih dipercaya untuk mengatasi segala macam jenis penyakit salah satunya adalah kantung mata. Untuk menghilangkan kantung mata, secara teratur banyak-banyaklah minum air putih. Sebaiknya mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari dapat mencegah munculnya kantung mata.
7.    Lembabkan mata anda dengan mengandung lidah buaya atau vitamin C.
Beberapa tips tersebut dapat dilakukan untuk membuat mata kita tetap cantik dan menawan sekalipun kegiatan kita banyak. Terima kasih semoga bermanfaat.
Sumber :










Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
25 January 2016 at 07:25 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Anonymous
AUTHOR
8 September 2016 at 14:29 delete

I think adequate sleep and the eye is very useful in life had no view then everything will be wonderful
poker online terbaik

Reply
avatar

Pages