Benarkah Mandi Malam dapat Menyebabkan Rematik ?



Benarkah Mandi Malam dapat Menyebabkan Rematik ?
            Kita sering mendengar pendapat orang-orang bahwa mandi pada waktu malam hari dapat menyebabkan rematik. Benarkah demikian ?
Orang-orang yang disibukkan dengan aktifvitasnya kadang sampai tidak bisa mandi di sore hari dan terpaksa mandi pada malam hari.  Tetapi hal tersebut juga kadang ditakuti oleh banyak orang dikarenakan banyak pendapat yang bilang bahwa mandi di waktu malam hari dapat menyebabkan rematik. Sebenarnya mandi pada waktu malam dan penyakit rematik itu tidak ada hubungannya, dan boleh dibilang pernyataan mandi di waktu malam menyebabkan rematik itu hanyalah mitos belaka. Namun, air atau udara yang dingin akan menyebabkan kapsul sendi mengerut. Hal ini tentu bisa menambah rasa nyeri pada persendian penderita rematik. Oleh karena itu dianjurkan bagi orang yang menderita rematik sebaiknya mandi pakai air hangat dan tidak mandi pada malam hari karena untuk mengurangi rasa nyeri pada pendeita rematik.
Mungkin karena hal tersebut banyak orang yang salah paham dan menganggap bahwa mandi pada  malam hari dapat menyebabkan rematik. Mandi pada waktu malam hari sebenarnya juga tidak baik, walaupun pada saat mandi malam setelah melakukan banyak aktivitas tubuh terasa segar dengan mandi di waktu malam hari. Dalam dunia medis sangat melarang mandi pada malam hari karena akan berdampak besar terkena berbagai macam penyakit. Tubuh yang lelah serta suhu badan yang sedikit meningkat dan pori-pori kulitpun terbuka untuk bernafas dan mengeluarkan toksin dalam tubuh, pada saat itu langsung mandi dimalam hari dengan air dingin yang langsung menyentuh tubuh. Jika sering melakukan mandi pada waktu malam hari maka akan berdampak besar terkena nyeri rematik bagi orang yang memang sudah menderita rematik. Banyak juga yang mengatakan bahwa rematik timbul karena mandi pada malam, cuaca dingin, dan keadaan ber-AC. Padahal faktor pemicu rematik yang sebenarnya adalah obesitas, pertambahan usia, pola makan yang tidak sehat dan masih banyak lagi. Dengan bertambahnya usia, lapisan pelindung sendi akan semakin menipis dan minyak pelumas sendi akan semakin mengental. Akibatnya sendi akan menjadi kaku dan nyeri saat digerakkan. Selain itu berat badan yang berlebihan cenderung merubah metabolisme tubuh dan memberikan beban yang berlebih pada sendi yang dapat memicu timbulnya rematik. Tidak hanya itu, pola makan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan rematik. Makanan yang mengandung lemak hewani dalam jumlah yang tinggi akan diubah tubuh menjadi zat “eicosanoid”, yang merupakan zat yang dapat menyebabkan radang pada persendian. 
Rematik adalah kondisi penyakit tersendiri, dan bukan disebabkan karena mandi malam. Rematik adalah penyakit yang menyerang jaringan sendi, dan cenderung menahun. Biasanya menyerang daerah pergelangan kaki, lutut, siku, dan pinggang. Penyakit rematik dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid artrhitis (RA) merupakan peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, jamur yang menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri. Penyakit rematik lebih tepat dikatakan sebagai penyakit yang menjengkelkan daripada penyakit yang mematikan. Karena memang penyakit ini jarang menimbulkan kematian. Tetapi jika sudah menyerang, seseorang akan dibuat jengkel dan kelimpungan karena rasa nyerinya pada sendi-sendi. Kadang juga ada yang mengatakan bahwa sakit tulang pada waktu malam hari disebut gejala rematik. Faktanya, gejala-gejala yang umumnya terjadi pada penderita rematik adalah pegal-pegal dan peradangan pada sendi (kemerahan, bengkak, terasa panas, dan sulit digerakkan). Peradangan ini nantinya akan menyebabkan hilangnya fungsi sendi karena rusaknya tulang yang juga dapat berujung pada kecacatan progresif. Gejala ini tidak terbatas pada malam hari dan bisa menyerang setiap saat.
Banyak juga orang yang membiarkan atau mengabaikan penyakit rematik ini. Karena mungkin dianggap sebagai penyakit nyeri tulang biasa. Penyakit rematik ini sebaiknya tidak dibiarkan, karena akan merusak sendi yang akan menimbulkan nyeri hebat. Hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga tidak mampu melakukan pekerjaan sehari-harinya dengan maksimal. Rematik memiliki tiga keluhan utama yaitu nyeri dibagian sendi dan alat gerak, terasa kaku dan lemah. Keluhan tersebut disertai dengan tiga tanda sendi bengkak, otot lemah, dan gangguan otak. Penyakit rematik juga lebih sering menyerang usia lanjut dibanding dengan usia muda atau anak-anak. Rematik pada lansia (lanjut usia) sudah menjadi penyakit langganan atau penyakit yang sudah sering dirasakan pada orang tua, biasanya diatas umur 45 tahun. Penyakit rematik pada lanjut usia lebih banyak diakibatkan karena terjadinya perubahan perubahan pada tubuh saat usia beranjak tua. Jenis penyakit rematik yang menyerang orang yang sudah lanjut usia biasanya akan memiliki banyak hambatan atau tanda tanda rematik, seperti sering kelelahan, sulit untuk bergerak, dan hampir terasa sakit diseluruh tubuh terutama pada saat sedang berjalan kaki terasa pegal linu dan kaku. Bisa juga terjadi bengkak sendi, gangguan gerak dan lemah otot. Oleh karena itu pada usia lanjut dianjurkan untuk tidak melakukan pekerjaan yang berat-berat, apalagi sampai tidak memperhatikan kondisi badannya.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah rematik atau mengurangi rasa sakit akibat rematik. Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah rematik diantaranya seperti makan makanan yang benar, karena tulang membutuhkan sejumlah nutrisi untuk tetap kuat dan sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan E dan kalsium akan dapat membantu tulang kuat. Selain dengan makan makanan yang kaya vitamin C dan E dan kalsium, juga dapat dilakukan dengan minum air putih yang cukup. Air membentuk 70 persen dari tulang rawan pada sendi dan membantu menjaga tulang-tulang dilumasi sehingga tulang tidak tergosok terhadap satu sama lain. Pastikan untuk minum delapan cangkir dalam sehari. Bagi para penderita rematik dapat mengonsumsi buah-buahan yang dapat mengobati rematik, diantaranya dengan mengonsumsi buah alpukat, minum jus apel yang sudah diragikan (fermentasi) sebanyak setengah cangkir dan dikonsumsi dua kali sehari, buah asparagus, buah strowberry, jus semangka. Selain dengan mengonsumsi buah-buahan tersebut, cara untuk mengurangi rasa sakit persendian akibat rematik adalah dengan berendam air garam atau juga bisa dengan berendam di air panas. Para penderita rematik dilarang berendam di air dingin, karena dapat menimbulkan rasa nyeri pada sendi-sendi yang lebih hebat. Oleh  karena itu, bagi penderita rematik tidak diperbolehkan mandi pada waktu malam hari apalagi dengan menggunakan air dingin. Kadang juga masih ada orang penderita rematik yang mengabaikan larangan tersebut, karena mungkin menganggap penyakit rematik adalah penyakit nyeri sendi biasa. Pada usia muda mungkin belum bisa merasakan rasa nyeri pada sendi, tetapi nanti pada saat menginjak usia lanjut akan merasakan nyeri pada sendi-sendi yang begitu hebatnya. Dengan demikian saat usia masih muda, jangan membiasakan hal-hal yang dapat memicu timbulnya penyakit rematik.

Sumber :
1.www.intisolar.com/news/bahaya_rematik
2.http.doktersehat.com/seputar-mandi-malam
3.www.apakabardunia.com/mandimalambikinrematik
4.www.tipscaraterbaik.com/apahubunganmandimalamdanrematik

           
            
Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
4 August 2016 at 22:20 delete

dalam ilmu kedokteran tidak di kenal yang namanya rematik, rematik adalah ssebutan orang indonesia saja sama hal nya dengan masuk ngin. gejala rematik sama dengan gejala asam urat dan osteoporosis.
saya juga calon dokter, kunjungi juga web saya di:
http://www.amazinginformation.xyz/

dan laman tentang kesehatan :
http://www.amazinginformation.xyz/search/label/Kesehatan?max-results=5

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11 November 2016 at 08:05 delete

kenapa udara dingin menyebabkan penyakit?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11 November 2016 at 08:08 delete

kenapa udara dingin menyebabkan penyakit?

Reply
avatar

Pages