SI PUTIH PEMBUAT MALU (UBAN)



SI PUTIH PEMBUAT MALU (UBAN)

Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin.
Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis.
Banyak mitos berkembang di masyarakat mengenai rambut beruban.Di antaranya ada yang mengatakan bahwa rambut beruban disebabkan oleh umur yang semakin tua, ada juga yang mengatakan bahwa rambut beruban disebabkan oleh faktor keturunan.
Sebenarnya Rambut menjadi beruban saat sel – sel melanosit di dalam folikel rambut berhenti memproduksi melanin (pigmen warna). Terdapat dua jenis  melanin rambut yaitu eumelanin yang berwarna coklat tua atau hitam dan pheomelanin yang berwarna kuning atau merah.Rambut yang kehilangan sebagian besar melanin akan menjadi warna abu – abu. Proses itu akan terjadi bertahap sedikit demi sedikit sehingga seluruh rambut akan berwarna  putih.
Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya uban:
1. Faktor penuaan
Penuaan menyebabkan produksi enzim katalase berkurang sehingga mengganggu produksi melanin. Katalase adalah enzim yang dapat menguraikan hidrogen peroksida dan zat-zat oksidatif lainnya seperti fenol, asam format, maupun alkohol yang berbahaya bagi tubuh manusia menjadi air dan oksigen yang sama sekali tidak berbahaya. Penuaan juga mengurangi produksi enzim- enzim lain yang mendukung perbaikan rambut sehingga menyebabkan penurunan produksi melanin.
2. Stress yang berlebihan
Stres membuat hormon tubuh terganggu termasuk hormon yang berfungsi dalam penumbuhan rambut.  Hormon stress dapat mempengaruhi fungsi dan aktivitas melanosit. Seseorang yang mengalami stress berkepanjangan dapat memiliki rambut yang beruban dengan cepat.
3. Malnutrisi
Malnutrisi disebabkan karena kekurangan asupan gizi atau karena penyakit parah yang diderita seseorang. Seorang akan mengalami malnutrisi jika tidak mengonsumsi sejumlah nutrien yang mencukupi dalam waktu yang cukup lama. Contoh kondisi ini adalah defisiensi vitamin A atau B-12 dan masalah pada kelenjar tiroid. Hal ini juga bisa menghentikan atau mengurangi produksi melanin. Perubahan warna rambut karena malnutrisi biasanya bersifat reversibel. Jika masalahnya diperbaiki, warna rambut akan kembali normal.
4. Makanan  cepat saji dan makanan yang diawetkan
Makanan cepat saji dan makanan yang mengandung bahan pengawet bisa mengganggu metabolisme. Hal ini juga akan mempengaruhi sirkulasi oksigen dan nutrisi ke jaringan kulit kepala yang akan mempengaruhi produksi melanin di sel-sel rambut.
5. Faktor keturunan
Ada beberapa orang tertentu yang sudah tumbuh uban padahal usianya masih relative muda. Kecenderungan beruban dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jika rambut ayah atau kakek Anda mulai beruban di usia tiga puluhan maka kemungkinan Anda juga akan demikian.
6.Malnutrisi vitamin A
Malnutrisi adalah kekurangan gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan vitamin A atau B12 dapat menghentikan produksi melanin.Namun uban yang disebabkan oleh malnutrisi dapat diatasi bila tubuh kembali mendapatkan asupan vitamin A yang cukup.


Adapun cara mengatasi rambut kita untuk mencegah uban:
1. Pola hidup Sehat
Pola hidup sehat adalah faktor utama dalam mengatasi rambut yang telah beruban. Memakan makanan yang bergizi dan bernutrisi serta memperbanyak minum air untuk memperlancar peredaran darah.
·       Vitamin A yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar serta menghindarkan rambut dari kerapuhan dan pengurangan pigmen rambut, banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
·       Vitamin B berperan untuk memperlancar produksi minyak yang berfungsi menjaga kelembapan dan kesehatan rambut, banyak terdapat pada sayuran hijau, sereal, hati, yougurt, pisang.
·       Protein banyak terdapat pada telur, kedelai dll.
2. Hindari Mewarnai Rambut
Jika anda menggunakan pewarna rambut, mulai dari sekarang kurangilah karena kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk pewarna rambut dapat merusak pigmen rambut. Jika ingin menggunakan pewarna rambut untuk menutupi uban dianjurkan agar memilih produk yang terbuat dari bahan alami.
3. Hindari stress secara berlebihan
Stress berlebihan dapat mempercepat tumbuhnya uban. Dimanapun anda berada cobalah agar tetap tenang dengan belajar mengolah nafas(tarik napas 6 detik lalu keluarkan 6 detik) agar pikiran tenang serta selalu berfikir positif.
4. Tidur yang Cukup
Kulit kepala juga butuh untuk beristirahat agar sel-sel rambut dapat beregenerasi, jadi sekarang kurangi kebiasaan bergadang tiap malam karena dapat mempercepat tumbuhnya uban.
5. Mineral yang Cukup bagi Rambut
Mineral yang Essensial untuk rambut adalah zinc, zat besi dan cooper. Biasanya banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji"an, dan makanan laut (seafood)


6. Pijat Rambut
Pijat rambut dengan minyak kelapa atau kemiri agar menjaga rambut tetap panjang dan kuat. Serta sering-seringlah melakukan pijat kulit kepala agar kepala terasa tenang dan nyaman.  
7. Mandi dengan Air Hangat
Mandilah dengan air hangat satu kali seminggu untuk membuat kulit kepala terasa nyaman dan untuk memperlancar peredaran darah.

8. Daun Rambutan
Daun rambutan dipercaya dapat menghilangkan dan mengobati rambut yang telah terlanjur beruban.
Caranya:
·       Ambil beberapa lembar daun rambutan
·       Tumbuk atau blender dengan ditambah sedikit air
·       Saringlah ke dalam wadah
·       Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala disertai pijatan lembut.
·       Biarkan hingga 10-15 menit
·       Bilas dengan air hingga bersih
·       Lakukan seminggu sekali untuk hasil yang optimal
9. Teh Pekat
Teh yang pekat juga ampuh dalam mengatasi rambut yang beruban.
Caranya :
·       Ambil satu gelas teh yang pekat dan tambahkan satu sendok garam
·       Lalu embunkan diluar rumah semalaman.
·       Usapkan ke seluruh kulit kepala disertai dan pijatan-pijatan lembut.
·       Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa shampoo
·       Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal
10. Minyak Kelapa dan Jeruk
Caranya :
·           Campurkan minyak kelapa/kemiri dan air jeruk nipis
·           Oleskan pada kulit kelapa disertai pijat-pijat dengan lembut.
·           Diamkan selama 15 menit
·           Bilas hingga bersih
11. Minyak Kemiri
Caranya:
·           Iris-iris Kemiri
·           Lalu Tumbuk hingga mengeluarkan minyak
·           Usapkan pada kulit kepala disertai tekanan agar dapat masuk ke pori-pori kulit
·           Lakukan setiap hari agar mendapat hasil yang optimal.
Bahaya mencabut uban yaitu
Pada saat uban atau rambut putih muncul cenderung biasanya orang menjadi malu dan berusaha menghilangkannya dengan cara mencat rambutnya ataupun mencabutnya. Pada pembuktian sebelumnya uban atau rambut putih tidak hanya dapat tumbuh pada kalangan tua saja, akan tetapi dapat menyerang dikalangan muda, ini dikarenakan karena kebiasaan muda yang kurang tepat atau juga pola makan yang salah.

Nah bagi yang memiliki uban atau juga ingin menghindari akan tumbuhnya uban sebaiknya baca dulu deh, biat bisa berjaga-jaga, pertama saya akan menjelaskaan bagaimana sih datangnya uban tersebut yaitu sebagai berikut:

Setiap rambut memiliki akar yang berisi struktur seperti tas kecil atau disebut dengan folikel rambut. Folikel rambut ini mengandung melanosit yang menghasilkan pigmen melanin, yang bertanggung jawab sebagai pewarna rambut.

Seiring berjalannya waktu, sel-sel pigmen di dalam folikel rambut akan berkurang yang membuat rambut tidak lagi memiliki melanin yang banyak. Kondisi inilah yang mengubah warna rambut dari hitam menjadi abu-abu lalu menjadi putih.

Bagaimana bila uban dicabut?
Uban yang muncul sebaiknya memang tidak dicabut, karena bisa merusak folikel, saraf-saraf dan juga akar rambut. Jika akar rambut ini rusak nantinya dapat memicu terjadinya infeksi pada kulit kepala.

Selain itu kebiasaan mencabut uban juga bisa membuat rambut menjadi tipis yang menyebabkan rambut uban akan terlihat lebih banyak, meskipun sebenarnya jumlah uban yang muncul di rambut itu jumlahnya tetap.
Sebagian besar orang akan menutupi ubannya dengan cara mengecat rambutnya. Jika demikian, usahakan untuk memilih pewarna rambut yang benar sehingga tidak merusak strukturnya atau pun akar rambut. Serta gunakanlah shampoo atau conditioner yang tepat sehingga kondisi rambut tetap terlihat sehat dan menghindari gangguan rambut lainnya.

Setiap orang sebenarnya memiliki waktu tersendiri untuk mendapatkan uban. Meskipun tidak ada yang dapat menghentikan uban, tapi beberapa kondisi bisa membuat uban tumbuh atau muncul lebih cepat seperti genetik, punya penyakit anemia, gangguan metabolisme, menopause dini dan juga merokok.

Previous
Next Post »

Pages