Keriput Pada Kulit


                                                              Keriput Pada Kulit
                                                                       
Kerutan pada wajah bisa menurunkan percaya diri untuk sebagian wanita. Apalagi bila wanita tersebut baru berusia 20-an dengan segudang aktivitasnya. Penuaan dini bisa saja merusak mood kerja maupun acara kencan dengan sang kekasih atau temen dekat.
Pembahasan soal kulit keriput sudah sering ditampilkan, terutama tentang bagaimana cara mengatasinya. Namun, beragam informasi terkait proses penuaan manusia ini masih sedikit diketahui.
Beberapa mitos tentang keriput, dan kita bisa tahu apa saja yng harus kita lakukan untuk mengatasi penuaan dini :
1. Keriput hanya terjadi saat kita sudah tua
Mitos tersebut tak sepenuhnya benar, pada umumnya gejala proses penuaan dimulai pada usia 25-an, berupa menurunnya elastisitas kulit dan kolegen. Namun, gaya hidup yang sehat serta perawatan kulit yang rutin bisa menghambat tanda-tanda penuaan sehingga keriput akan muncul di usia yang lebih tua.
2. Keriput lebih banyak dialami oleh orang yang diet dan kurus
Memang benar bahwa diet yang salah sampai bisa menyebabkan kurangnya asupan gizi, dan bisa berhubungan dengan terjadinya kerutan pada kulit. Berkurangnya asupan gizi menyebabkan turunnya kadar vitamin, dan mineral yang diserap oleh tubuh sehingga sistem imunitas juga ikut turun. Padahal zat-zat tersebut bertangung jawab penuh dalam proses penggantian sel kulit yang rusak serta bisa menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Jadi, perbanyak konsumsi makanan buah-buahan yang mengandung antioksidan dan mengandung vitamin C.
3. Tidur tengkurap bisa menyebabkan keriput
Teryata benar bahwa posisis tidur yang salah juga bisa memicu terbentuknya kulit keriput. Bila Anda sering tidur dengan posisi miring atau tengkurap, resiko munculnya kerutan di wajah akan lebih besar karena gesekan dan gaya gravitasi. Jadi sebaiknya tidurlah dengan posisi terlentang.
4. Senam muka dan tertawa cegah keriput
Tertawa memang memiliki banyak efek yang baik bagi tubuh seperti awet muda dan juga peningkatan kekebalan tubuh. Tetapi terlalu ekspresif saat tertawa bisa menyebabkan otot wajah bergerak berlebihan. Jika diiringi dengan penipisan kulit karena itu, bisa dipastikan akan membuat bekas lekukan yang disebut dengan keriput mekanis yang sering terjadi di dahi dan mata.
5. Kerja lapangan rentan keriput daripada pekerja kantoran
Kedua jenis pekerjaan ini memang memiliki resiko tinggi namun bukan berarti pekerja lapangan memiliki resiko lebih tinggi. Paparan sinar matahari memang tidak baik untuk kulit namun berada di ruangan ber-AC dapat membuat kulit menjadi kering dan memicu timbulnya keriput.
Penyebab keriput pada kulit
Kerutan adalah salah satu hal yang paling ditakuti wanita. Kerutan bisa membuat penampilan Anda tampak kusam dan tua. Terlebih jika kerutan muncul sebelum pada waktunya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya kerutan.

1. Menggunakan produk kosmetik
Kosmetik bisa membuat Anda cantik tapi juga menjadi penyebab utama keriput pada kulit. Kosmetik mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan kerusakan kulit. Lebih baik hindari make up jika tidak perlu.

2. Paparan sinar matahari
Sinar matahari bisa merusak kulit dan menyebabkan keriput. Paparan sinar matahari terlalu banyak menyebabkan garis halus di sekitar mata dan bibir. Maka dari itu jangan lupa gunakan tabir surya saat mau bepergian.

3. Dehidrasi
Kurangnya cairan dalam tubuh menyebabkan keriput pada kulit. Kulit akan kering dan tidak mampu menghasilkan sel-se baru. Sehingga menyebabkan garis halus pada kulit.

4. Merokok
Wanita yang suka merokok akan mudah memiliki keriput di wajah. Merokok menyebabkan berkurangnya pasokan darah dalam tubuh dan membuat munculnya garis halus dan kerutan di sekitar mata dan bibir.

5. Diet ketat
Diet yang terlalu ketat dapat menyebabkan munculnya keriput. Untuk itu Anda harus memiliki diet yang kaya mineral dan vitamin. Jangan sembarangan mengurangi asupan nutrisi agar tubuh Anda tidak kekurangan vitamin dan mineral.

6. Usia
seiring bertambahnya usia kulit akan kehilangan kelembapan dan elastisitas secara alami. Gunakan krim anti penuaan yang dapat mengurangi kerutan di wajah Anda.

7. Gerakan wajah
Tahukah Anda jika wajah terlalu banyak bergerak atau berekspresi dapat menyebabkan keriput pada kulit? Tersenyum dan selalu cemberut dapat memunculkan garis halus pada mata dan bibir. Ikuti latihan yoga untuk membantu masalah ini.
Cara Menghilangkan Keriput pada Wajah secara Alami
Umur bertambah, kulit wajahpun bertambah tua. Maka penuaanpun datang dengan mengkerutnya wajah. Hal ini sudah umum terjadi. Tetapi jika ingin tampak lebih awet muda, bisa anda gunakan krim yang sudah terpecaya. Tapi alangkah baiknya kita menggunakan cara dari bahan-bahan alami. Selain tidak banyak mengeluarkan uang, efek sampingnya pun dikit.

Mengkosumsi sayur-sayuran dan makanan yang sehat, adalah cara yang cukup baik agar kulit wajah lebih terlihat nampak awet muda.

Seperti berikut ini cara alami menghilagkan keriput bisa anda coba sendiri nantinya.

Olahraga
Cara pertama yang harus anda coba adalah dengan melakukan olahraga. Menjaga kondisi tubuh tetap fit, pastinya membuat olahrga semakin anda gemari. Melakukan olahraga di pagi hari adalah waktu yang baik. Kenapa? karena saat pagi hari, badan masih terasa pegal dan dengan melakukan olahraga badan akan terasa lebih segar. Selain itu saat pagi hari udara masih bebas dari polusi dan lebih terasa segar.

Minyak Zaitun
Tidak seperti minyak lainnya, minyak zaitun sangat cocok untuk perawatan kecantikan. Adapun caranya anda lakukan saat sebelum tidur, caranya anda cuci muka dahulu dengan air dingin, lalu oleskan minyak zaitun. Dan diamkan dengan membawa tidur. Saat keesokkan harinya, baru anda bilas dengan sabun.

Pisang
Buah yang mudah didapatkan ini, cara yang baik untuk perawatan wajah anda. Caranya, ambil beberapa biji pisang, lalu haluskan hingga seperti krim. Lalu oleshkan pada seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit. Jika selesai, maka bersihkan dengan menggunakan air hangat, pada saat pengeringan sekali-kali anda tepuk dengan lebut wajah anda dan usap-usap.

Anggur Hijau
Pertama anda ambil anggur hijau secukupnya. Lalu di belah menjadi 2 bagian. Kemudian gosokkan anggur tersebut pada wajah hingga merata dan diamkan selama 20 menit. Lalu bersihkan wajah anda dengan air hangat. Lakukanlah hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Kulit Semangka
Saat memakan semangka, janganlah membuang kulitnya. Karena sekarang bisa anda manfaatkan sebagai menghilangkan keriput wajah. Caranya anda cuci kulit dengan bersih. Kemudian silakan langsung di gosok-gosokkan kulit semangkat tersebut pada wajah anda.

Nanas
Pertama anda kupas, bersihkan, lalu ambil dagingnya. Kemudian anda oleskan nanas tadi pada wajah anda. Dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah mencapai waktu yang di tentukan. Baru anda bersihkan wajah dengan air.
 
Bengkoang dan Kentang
Pertama anda ambil bengkoang dan kentang, lalu haluskan. Jika keduanya sudah halus, maka oleskanlah pada wajah anda saat akan menjelang tidur. Pada keesokkan harinya, baru anda cuci dengan sabun. Menggunakan cara ini, bisa merawat wajah lebih kencang dan mengecilkan pori-pori.

Selain itu, anda dapat menghindari bertambahnya keriput pada wajah dengan Tidur terlentang, karena jika anda tidur miring. Maka, wajah akan tertekan dan muncullah masalah keriput tersebut.



Anda juga bisa mendownload file Powerpointnya DISINI!!!


Sumber:

http://www.kecantikan.web.id/perawatan-kulit.htm
http://www.merdeka.com/gaya/8-penyebab-utama-munculnya-keriput.html


Previous
Next Post »

Pages