TERNYATA TELAPAK TANGAN BISA MENGAPAL



TERNYATA TELAPAK TANGAN BISA MENGAPAL

Pernahkah anda merasa telapak tangan anda menjadi tebal? Tentunya anda merasa heran. Hal tersebut biasa disebut kapalan. Nama lain dari kapalan adalah kalus (callules) yaitu penebalan dan mengeras di daerah kulit bagian atas (stratum korneum atau lapisan keratin) sehingga terbentuk daerah penebalan mendatar .Penyakit kapalan tidak menimbulkan rasa sakit, hanya sedikit terasa seperti tertusuk duri ketika jalan tanpa alas kaki. Kulit yang menebal di daerah kaki, atau biasa disebut kapalan memang bukan masalah kesehatan yang serius. Tapi kapalan membuat penampilan kurang sedap dipandang.Kapalan adalah kulit yang menebal dan mengeras karena mengalami gesekan yang berlebihan. Meskipun tidak berbahaya, jika sudah cukup parah kapalan bisa menimbulkan rasa sakit dan infeksi.
Kapalan bisa timbul di bagian tubuh manapun, tetapi biasanya terbentuk pada telapak tangan atau telapak kaki yang sering mengalami gesekan atau tekanan biasanya. Penebalan kulit merupakan reaksi perlindungan yang dirancang untuk melindungi kulit.

Penyebab kapalan antara lain:
1.Iritasi dari deterjen sabun atau bahan kimia yang sering dipegang. Iritasi ini biasa terjadi pada semua orang karena memang bahan kimia tersebut terlalu keras bagi kulit manusia. Umumnya terjadi pada orang yang setiap hari bekerja dengan sabun deterjen atau bahan kimia asama atau basa pembersih porselen/lantai.
2.Alergi terhadap debu atau bahan yang pada orang lain tidak apa-apa bila memegangnya, tapi terjadi reaksi pada orang yang kulitnya sensitif. Misalnya ada orang yang alergi pada uang kertas atau logam, tuts piano, dan lain-lain.
3.Eksim. Telapak kasar akan kambuh bila penderita dalam keadan stres emosi maupun fisik (kelelahan). Biasanya pada penderita eksim terdapat riwayat asma paru (bengek) atau bersin alergi atau sinusitis dari ayah, ibu atau keluarga dekat lainnya.
4.Penderita hiperhidrosis, yaitu orang yang telapak tangan dan kakinya terus menerus berkeringat banyak bila beraktivitas. Ini penyakit bawaan akibat saraf parasimpatis di tulang belakang terlalu aktif bekerja. Penyebabnya belum diketahui.
5.Kekurangan zat gizi atau vitamin dan mineral tertentu. Karena kekurangan gizi atau diet terlalu ketat.

Inilah Salah satu tips Menghilangkan Kapalan dengan Pengobatan herbal:
a. Usapkan getah kamboja pada kulit yang kapalan atau kalus (callus) air   Diamkan sejenak dan bilas dengan air.
b. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Untuk melembutkan dan mengangkat kapalan
Dapat dilakukan hal-hal berikut ini:
1.Rendam kaki dalam air hangat selama 20 menit
2.Iris kulit nanas segar, tempelkan bagian dalam dari kulit itu pada bagian yang kapalan. Rekatkan kapalan? Ahli jamu dan herbalist terkemuka, Douglas schar, Dipphyt, MCPPada kaki biasanya terjadi karena menggunakan sepatu atau sandal yang terlalu sempit ataupun tidak benar. Sedangkan pada tangan, jika Anda melakukan pekerjaan tertentu secara terus-menerus yang menekan permukaan kulit.

Untuk mengatasi kapalan selain menggunakan krim khusus, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Ikuti tips berikut untuk mengatasi masalah kapalan, baik pada tangan maupun kaki.
Bahan- bahan alami yang dapat di gunakan antara lain :
- Lemon
Perasan jeruk lemon segar bisa mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul pada kapalan. Bersihkan area yang mengalami kapalan. Lalu, oleskan area yang kapalan dengan perasan jeruk lemon, dan diamkan selama satu malam.

- Pepaya mentah
Pepaya mentah juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi kapalan. Caranya haluskan beberapa potong pepaya mentah menggunakan blender. Lalu, tempelkan pepaya halus tersebut pada area yang kapalan, tiga kali sehari.

- Bawang putih
Campuran vitamin e yang berbentuk minyak bisa sangat efektif untuk mengatasi kapalan jika dicampur dengan bawang putih. Haluskan bawang putih kemudian campur dengan minyak vitamin E. Tempelkan dengan menggunakan kapas dan diamkan selama satu malam.

- Kentang
Kapalan juga bisa diatasi dengan kentang. Parutlah kentang hingga teksturnya sedikit halus. Tempelkan di bagian yang kapalan dan tutup dengan kain kassa. Diamkan selama dua hingga tiga jam.

Diantara bagian tubuh yang lainnya mungkin kaki adalah bagian yang paling sering dilupakan perawatannya. Padahal kaki memiliki fungsi yang penting dalam menopang tubuh dan untuk pergerakan. Selain itu kaki yang terawat dan indah sering merupakan salah satu faktor daya tarik pada kaum hawa. Salah satu alasan penyebab kesehatan kaki sering dilupakan karena kaki jarang diperhatikan orang lain dan seringkali kaki kita ditutupi oleh sepatu atau sandal sehingga tidak terlihat oleh orang lain, berbeda dengan rambut atau wajah yang pasti diperhatikan orang lain.
Tapi mengingat fungsinya yang vital dalam menunjang kehidupan sudah selayaknya kesehatan kaki diperhatikan. Masalah pada kaki paling sering dihadapi oleh wanita tetapi bukan berarti jarang pada wanita. Angka kejadiannya hampir setara. Masalah pada kaki yang sering dihadapi kaum perempuan selain kulit kaki yang pecah-pecah dan kering adalah adanya penebalan pada bagian tertentu kulit kaki. Penebalan ini kita kenal sebagai kapalan atau kalus dalam istilah medisnya.
Kapalan atau kalus pada dasarnya merupakan kulit yang menebal dan mengeras akibat gesekan yang berulang, tekanan,dan iritasi. Karena itu kapalan tidak hanya dapat terjadi di kulit kaki tetapi juga dapat pada kulit tangan. Pada kaki, kapalan biasanya berkembang di permukaan (plantar), baik pada tumit atau di bawah kepala metatarsal (tonjolan tulang). Daerah ini yang biasanya menanggung sebagian besar tekanan saat berdiri dan berjalan. Kapalan juga dapat membentuk lesi kulit didaerah tonjolan tulang pada permukaan plantar kaki sehingga menimbulkan nyeri.
Penyebab dari kapalan biasanya karena gesekan atau tekanan berulang pada daerah kulit yang sama. Hal ini dapat dikarenakan oleh pemakaian sepatu yang tidak sesuai, sepatu yang memiliki sol yang tipis, sepatu stiletto, sepatu bertumit tinggi, mengenakan alas kaki tanpa kaus kaki, gesekan dengan jahitan sepatu, dan juga karena berjalan tanpa alas kaki.
Kalus juga sering terjadi pada orang-orang yang memiliki bentuk kaki yang datar (pes planus), dimana lengkungan kaki terlalu rendah atau datar. Pada daerah tangan biasanya disebabkan oleh factor pekerjaan yang menggunakan tangan atau jari-jari tangan seperti pemain gitar, penulis yang sering menggunakan pena, atlet tenis atau bulu tangkis dan pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan tangan. Gejala dan tanda dari kalus berupa penebalan kulit kaki atau tangan yang kering dan keras, bahkan kadang-kadang dapat menyebabkan nyeri karena penebalan kulit menyebabkan penekanan terhadap tulang dibawahnya.
Kapalan lebih mudah dicegah daripada diobati. Kapalan bisa dihindari dengan menghilangkan sumber iritasi atau dengan menggunakan sarung tangan, bantalan atau alat pelindung lainnya. Bila sudah terlanjur terbentuk, kapalan dapat disiasati dengan cara mengoleskan pelembap setiap hari (pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur). Obat keratolitik biasanya digunakan jika kapalan yang terbentuk sudah terlalu tebal. Obat ini biasanya mengandung asam salisilat, tersedia dalam  bentuk krim atau bantalan. Pemakaian keratolitik ini harus hati-hati karena bisa merusak jaringan normal di sekitarnya.
Kapalan juga bisa ditipiskan dengan menggunakan batu apung atau melalui penyayatan dengan pisau bedah oleh dokter atau perawat. Pada penderita diabetes, penyembuhan kutil dan kapalan terjadi secara lambat, terutama jika timbul di kaki. Karena itu penderita diabetes dianjurkan untuk memberikan perhatian khusus kepada kakinya. Jadi mulai sekarang jaga dan rawat kesehatan kaki anda, karena kaki sangat besar manfaat dan kegunaannya bagi kehidupan kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati.



Anda juga bisa mendownload file Powerpointnya DISINI!!!

Sumber :
1.http://www.skinsight.com/adult/callus.htm 2.http://www.emedicinehealth.com/corns_and_calluses/article_em.htm 3.http://www.runningwithheels.com/wp-content/uploads/2008/07/callus.jpg 

Previous
Next Post »

Pages