PUASA BISA MENURUNKAN BERAT BADAN



PUASA BISA MENURUNKAN BERAT BADAN

Puasa secara bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara terminologi, adalah menahan diri pada siang hari dari berbuka dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.
Detailnya, puasa adalah menjaga dari pekerjaan-pekerjaan yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan bersenggama pada sepanjang hari tersebut (sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa diwajibkan atas seorang muslim yang baligh, berakal, bersih dari haidl dan nifas, disertai niat ikhlas semata-mata karena Allah ta'aala. Adapun rukunnya adalah menahan diri dari makan dan minum, menjaga kemaluannya (tidak bersenggama), menahan untuk tidak berbuka, sejak terbitnya ufuk kemerah-merahan (fajar subuh) di sebelah timur hingga tenggelamnya matahari. Puasa juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya untuk menurunkan berat badan.
Bolehkah berpuasa untuk menurunkan berat badan?
Berat badan akan turun ketika kalori yang dikonsumsi oleh seseorang melebihi jumlah energi yang dikeluarkannya. Dengan berpuasa, tidak mengonsumsi apapun dalam jangka waktu tertentu, seseorang akan kehilangan kalori dan bisa menyebabkan menurunnya berat badan. Yang seringkali diterapkan oleh orang yang terobsesi menurunkan berat badan adalah berpuasa secara ekstrem. Tak seperti waktu yang dianjurkan dalam puasa yang normal, mereka cenderung tak makan dalam waktu yang lebih lama. Puasa jenis ini tentu berbahaya dan tak boleh diterapkan. Tak mendapatkan asupan kalori apapun bisa menyebabkan pusing, dehidrasi, mual, kelelahan, dan kadar elektrolit yang tidak seimbang.
Jenis puasa untuk mengurangi berat badan
Jika Anda ingin mengurangi berat badan dengan cara berpuasa, maka ada cara yang lebih baik dibandingkan dengan puasa secara ekstrem. Livestrong.com menyarankan agar Anda berpuasa secara teratur. Misalkan dengan berpuasa dua hari sekali. Tentu dengan aturan normal yang ditetapkan saat berpuasa, yaitu mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Tak boleh lebih lama dari itu. Selain berpuasa secara teratur, Anda juga harus memperhatikan kalori yang dikonsumsi saat berbuka. Jangan terlalu banyak mengonsumsi kalori ketika berbuka dan tetap mengikuti aturan diet. Selain itu jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan Anda. Meski berpuasa secara teratur juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi berat badan, namun ini tak bisa diterapkan oleh semua orang. Jika Anda memiliki penyakit atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada baiknya mengonsultasikan puasa ini pada dokter pribadi Anda. Berpuasa sesungguhnya adalah sebuah ibadah. Jika dilakukan dengan niatan yang lebih murni tentu akan lebih berkah bagi kesehatan. Meski begitu tak ada salahnya melakukan puasa untuk alasan kesehatan. Selama dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai aturan.

Bila kita betul betul memahami bulan Ramadhan ini, sebetulnya ini adalah merupakan kesempatan yang sangat berharga. Salah satunya keberhargaan bulan ini dirasakan oleh orang yang memiliki berat badan berlebih; mereka bisa memanfaatkannya dengan baik untuk bisa menurunkan berat badan menuju yang ideal. Tidak hanya kesehatan jasmani, kesehatan mental juga akan membaik. Ia pun akan menjadi orang yang sehat dan stabil dalam mengarungi bahtera kehidupan.
Puasa merupakan metode terbaik dalam mengatur pola makan. Dengan kata lain puasa amat sangat penting dan sangat penting bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari berat badan yang berlebih. Riset para ahli semakin memperkuat pendapat bahwa puasa sangat membatu kesehatan fisik dan mental.
Dengan berpuasa lambung akan kembali membentuk ukurannya yang alami. Saluran ususpun akan menjadi lancar. Jika seseorang memiliki berat badan berlebih namun selalu konsisten menjalankan tata cara Islam dalam menjalankan ibadah puasa, baik dalam hal berbuka puasa atau dalam hal melaksanakan sahur, maka berat badannya akan berkurang.
Demikian pula jika menjalankan  kegiatan sehari harinya sebagaimana biasanya, menghindari malas dan sedikit tidur di siang hari, maka energi tubuhnya akan berubah menjadi sumber yang berbentuk glikogen, yang kemudian berubah menjadi keringat melalui pori pori, baik pada kulit, pergelangan, dan sendi sendi lain nya. Pada gilirannya berat badan akan menurun tahap demi tahap.
Dari tinjauan ilmiah, Ramadhan menjadi awal yang paling baik untuk proses terapi kegemukan. Seperti diketahui kebutuhan kalori pada setiap orang mencapai 2.000-2.700 setiap harinya. Jika seseorang yang menderita berat badan yang berlebih dapat mengurangi kandungan kalori tersebut hingga 1.200 kalori setiap harinya, maka ia dapat mengurangi berat badannya sebanyak 5 kg selama menjalankan puasa pada bulan yang diberkati ini.
Jika itu terjadi tentunya akan menjadi permulaan yang paling baik untuk melanjutkan program dietnya di bulan Ramadhan. Berpuasa merupakan cara terbaik untuk menentukan berat badan yang diinginkan. Usaha menurunkan BB atau yang dikenal dengan diet harus dilakukan secara bertahap dan konsisten mengikuti aturan berikut.
  1. Mengurangi jumlah kandungan makanan yang memiliki energi tinggi, seperti lemak, kolesterol dan kadar gula yang tinggi.
  2.  Protein ditambah dengan sayur sayuran seperti daun bayam, daun kemangi, seledri air, dan lobak.
  3. Mengurangi kandungan garam dalam makanan yang akan disantap. 
Ilmu kedokteran modern pun telah membuktikan bahwa puasa sebagai mana yang disyariatkan dalam Islam bisa jadi pengganti alami bagi obat obatan kedokteran modern yang di pergunakan untuk menurunkan berat badan. Semua itu disebabkan kegemukan berpengaruh terhadap saraf. Kegemukan juga menyebabkan goncangan urat saraf , kegelisahan dan kegamangan, juga mempercepat detak jantung.
Oleh karena itu hanya dengan mengonsumsi makanan sebanyak 2 kali dalam sehari sepanjang bulan puasa dan mengatur waktu makan tentu akan dapat mengurangi tumpukan lemak pada tempat tempat tertentu dalam tubuh. Puasa juga sangat membantu memperlancar pencernaan.

Puasa intermiten sebenarnya sesuatu yang kita semua lakukan setiap hari. Puasa hanyalah sebuah periode waktu ketika Anda tidak mengkonsumsi makanan apapun. Bagi kebanyakan orang, ini terutama terdiri dari periode waktu di mana mereka sedang tidur. Hal ini sangat umum bagi orang untuk bangun dan makan sarapan segera. Hal serupa juga terjadi bagi orang untuk makan malam sesaat sebelum tidur. Jika ini adalah kasus untuk Anda, maka kemungkinan bahwa waktu Anda berpuasa setiap hari hanya antara 8 dan 10 jam. Trik untuk memaksimalkan penurunan berat badan dengan puasa intermiten adalah untuk meningkatkan periode waktu sampai 16 jam atau lebih. Setelah berpuasa selama 16 jam, Anda mulai melihat banyak manfaat dari itu. Cara termudah untuk memperpanjang waktu puasa Anda adalah hanya melewatkan sarapan. Hal ini tentunya akan meningkatkan masa puasa Anda beberapa jam atau lebih. Mari kita pergi ke manfaat kesehatan Anda akan menerima dari memperpanjang waktu yang Anda habiskan tidak makan.

Nomor satu manfaat puasa bagi kebanyakan orang adalah penurunan berat badan yang cepat. Karena Anda tidak makan untuk waktu yang cukup lama, tubuh Anda memiliki kesempatan untuk membersihkan dan detoksifikasi itu sendiri, dan bagian dari proses ini meliputi pembakaran kelebihan lemak. Jika Anda makan sepanjang hari, tubuh Anda tidak pernah memiliki kesempatan untuk membakar lemak karena selalu berfokus pada mencerna dan asimilasi makanan yang Anda hanya makan. Tidak makan selama periode waktu antara 16 dan 36 jam tidak hanya akan mempercepat kehilangan lemak secara dramatis, juga akan membantu untuk menormalkan tekanan darah, gula darah, kadar kolesterol, dan kadar hormon. Tubuh lebih mampu melakukan ini pada saat puasa karena energi itu tidak sepenuhnya diinvestasikan dalam pencernaan makanan. Hal ini membuat lebih banyak aliran darah dan oksigen tersedia untuk bagian lain dari tubuh. Tubuh menggunakan sumber daya ekstra untuk memulihkan dirinya. Ada manfaat kesehatan tak terhitung jumlahnya untuk puasa dan aku tidak mungkin berbicara tentang mereka semua secara rinci di sini.

Adalah penting untuk mengenali mitos berat badan kita telah dituntun untuk percaya, seperti bahwa penting untuk makan sarapan dan melewatkan makanan ini tidak sehat. Sebenarnya, ada banyak bukti yang menunjukkan melewatkan sarapan sebenarnya bisa salah satu hal tersehat yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri. Juga, banyak orang percaya bahwa tidak makan tidak sehat, namun pada kenyataannya tidak makan adalah praktek yang sehat karena memberikan tubuh Anda kesempatan untuk menyembuhkan dan memperbaiki dirinya sendiri. Saya menyarankan bahwa penelitian Anda pada topik diri sendiri dan mencobanya, terutama jika Anda telah mencoba banyak metode penurunan berat badan lainnya tanpa keberhasilan.


Anda juga bisa mendownload file Powerpointnya DISINI!!!
 

Sumber :
http://w http://www.merdeka.com/sehat/bisakah-menurunkan-berat-badan-dengan-berpuasa.htmlww.islampos.com/puasa-diet-ajaib-untuk-berat-badan-67667/



Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Tara
AUTHOR
16 February 2016 at 23:34 delete

tiap hari lari atau jogging 2 km ini cara menurunkan berat badan paling ampuh. untuk neken rasa lapar bisa minum nature citrimax

Reply
avatar

Pages