Kenapa Tubuh Manusia Menyusut Pada Saat Kita Tidur Dimalam Hari



Kenapa Tubuh Manusia Menyusut Pada Saat Kita Tidur Dimalam Hari
Tidur merupakan kebutuhan otak. Siapa yang tidak merasa lebih segar setelah tidur nyenyak di malam hari?Tidur adalah suatu kegiatan yang bisa memberi kesempatan bagi otak untuk menata kembali memori, sedangkan bagi tubuh bisa memberikan waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. Tidur memiliki peranan vital dalam kehidupan manusia. Manusia membutuhkan tidur untuk menghemat energi, meskipun aktivitas otak tetap tinggi selama tidur tapi aktivitas fisiknya minimum sehingga bisa menghemat energi di tubuh. Selain itu suhu tubuh saat tidur diturunkan sebanyak 1-2 derajat celsius sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sebelumnya banyak dipercaya bahwa saat tidur berbagai organ tubuh yang penting juga istirahat. Hal lain yang diyakini bahwa saat seseorang tidur terjadi restorasi tubuh dan fungsi homeostasis. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut berbagai penelitian, justru saat tidur berbagai fungsi oragan tubuh meningkat pesat, seperti fungsi otak, metablolisme hormon dan berbagai fungsi tubuh lainnya. Telah dilaporkan bahwa berbagai hormon penting ternyata meningkat pesat yang juga berakibat meningkatkan fungsi otak selama tidur. Meski demikian sampai saat ini masih diyakini bahwa tenaga yang hilang karena aktivitas sehari-hari dipulihkan kembali, pelemasan otot dan pelepasan ketegangan. Keadaan tidur juga diyakini sebagai regulasi panas tubuh dan konservasi energi Oleh karena itu banyak penelitian yang telah dilakukan untuk memahami berbagai fenomena yang terjadi pada saat kita tidur. Salah satunya adalah mengenai “ Kenapa Tubuh Maunusia Bisa Menyusut Pada Saat Kita Tidur Dimalam Hari ”.
Tapi jangan kalian kira bahwa tubuh kita akan menyusut begitu banyak,tubuh kita hanya akan menyusut kira-kira 1 cm saja di malam hari. Hal Ini disebabkan  karena beberapa faktor, diantaranya adalah :
1.               Karena disebabkan oleh tulang rawan. Tulang rawan antara tulang-tulang akan dikompresi atau tertekan saat berdiri, duduk dan kegiatan sehari-hari lainnya, yang orang lakukan sepanjang hari. Inilah yang membuat tubuh seseorang sedikit lebih pendek di malam hari,dibandingkan pada saat siang hari. Setelah melakukan berbagai aktivitas di pagi dan sore hari, seperti dilansir Health24.
2.               Selain itu, juga dikarenakan  tulang belakang kita akan menahan beban pada saat kita tidur,sehingga melebar kembali Pertumbuhan tinggi badan saat pagi hari dan akan berhenti ketika seseorang memasuki fase dewasa.
3.               Selain itu, juga dikarenakan tubuh kita akan kehilangan kehilangan cairan dan berkeringat pada saat kita tidur, serta pada saat tidur kita juga akan menghirup udara lembab di malam hari. Proses ini sebenarnya juga terjadi di siang hari namun karena diimbangi dengan makan dan minum, berat badan tidak berkurang. Itulah sebabnya berat badan cenderung berkurang begitu kita bangun tidur di pagi hari.Sehingga menyebabkan kita kehilangan berat badan pada saat kita tidur dimalam hari

Salah satu Organ tubuh manusia yang juga akan menyusut pada saat kita tidur dimalam hari salah satunya adalah “otak”. Hal ini disebabkan sedang tidur.Penelitian terbaru di University of Rochester menunjukkan bahwa karena otak akan mengalami proses detoksifikasi atau pembersihan racun pada saat kita berbagai macam senyawa yang bersifat racun di dalam otak di keluarkan saat seseorang sedang tidur terlelap dimalam hari.Bila proses ini berjalan dengan baik,pada saat kita bangun tidur, otak akan menjadi lebih bugar seperti halnya badan yang terasa lebih segar.Para peneliti dari University of Rochester, New York, juga mendapati bahwa selama orang tidur ukuran sel otak berkurang, sehingga memungkinkan limbah terbuang secara efektif.
SUatu produk limbah yang dibuang oleh sistem tersebut selama tidur ialah “amyloid” –protein yang mempengaruhi penyakit Alzheimer`s. Para peneliti itu menandai “amyloid” dengan penanda fluorescent dan melakukan penelitian.“Studi ini memperlihatkan otak memiliki kondisi fungsi yang berbeda ketika orang tidur dan ketika terjaga,”  Sebaliknya bila proses ini terlalu banyak hambatan,misalnya karena susah tidur atau sengaja begadang malam maka racun- racun itu akan menumpuk di otak. Akibatnya dalam jangka panjang akan memicu penyakit Alzheimer,yakni sejanis pikun.Temuan lain yang mengejutkan ialah sel di otak “menyusut” sampai 60 persen selama tidur.  Saat sel-sel otak mengalami detoksifikasi dikatakan bahwa sel-sel otak akan menyusut hingga 60%. Kondisi ini menyebabkan racun-racun yang terdorong keluar dari otak menjadi lebih efisien di bandingkan dalam kondisi terbangun.Kontraksi itu menciptakan ruang lebih lebar di antara sel dan memungkinkan CSF mencuci lebih bebas melalui jaringan otak.

Anda juga bisa mendownload file Powerpointnya DISINI!!!

Sumber :
3. http://m.merdeka.com/sehat/10-hal-menakjubkan-yang-terjadi-saat-tidur.html
Previous
Next Post »

Pages