PENYEBAB RAMBUT PUTIH



PENYEBAB RAMBUT PUTIH


Uban atau rambut putih tidak didominasi orangtua saja. Banyak anak muda yang usianya masih di bawah 30 tahun, tapi sudah ada rambut putihnya. Walaupun cuma 1 atau 2 helai, tetap harus diwaspadai.
Uban terjadi akibat melanosit (sel-sel pembentuk pigmen) tidak lagi memproduksi melanin (pigmen pewarna rambut) sehingga butir-butir pigmen dalam rambut diisi udara. Memang, rambut putih ini sering kali hadir tanpa pandang usia. Meskipun sulit diprediksi kapan tepatnya uban akan muncul, sebenarnya bisa diduga apakah kita bakal ubanan di usia muda atau tidak. 
Kekurangan nutrisi, terutama zat besi dan vitamin B12 yang parah juga dapat mengakibatkan timbulnya uban. Ini bisa dilihat pada penderita anemia pernisiosa atau kekurangan sel darah merah karena pasokan vitamin B12 terlalu minim.
Selain itu, Munculnya uban yang disebabkan karena faktor genetis tidak dapat dicegah atau disembuhkan. Hal itu terjadi karena metabolisme pembentukan pigmen pada orang yang mempunyai turunan beruban memang tidak bisa bertahan lama. Sehingga rambutnya mudah memutih. 
Uban bisa juga dipengaruhi oleh kelainan pigmen, seperti pada kasus albino dan vitiligo. Albino adalah orang yang tidak mempunyai pigmen dan seluruh kulit dan rambutnya putih, sementara vitiligo hanya sebagian yang putih. Ini juga disebabkan oleh faktor genetik dan sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Jika kadar pigmennya berkurang, rambutpun akan semakin pirang dan kemudian menjadi putih atau beruban.

Selain faktor genetik, uban juga dapat muncul karena penyakit anemia pernisiosa, yakni penyakit kekurangan darah yang sering menyebabkan rambut menjadi beruban. Uban dapat juga muncul karena adanya kelainan metabolisme, misalnya gangguan tiroid atau kurang gizi. Kurang
gizi dapat membuat jumlah enzim pembentuk pigmen menjadi berkurang, sehingga penderita akan cepat beruban. Oleh karena itu, makanan cukup gizi dengan protein yang baik sangat perlu untuk pembentukan enzim pembentuk pigmen, sehingga rambut akan menjadi sehat dan tidak cepat beruban. 
Lain halnya dengan uban yang disebabkan karena faktor internal, keberadaan uban yang muncul karena faktor eksternal bisa dicegah. Caranya dengan menghindari faktor pencetus munculnya rambut putih itu.adalah faktor genetik, yang bisa dilakukan mungkin hanyalah dengan mengecat rambut untuk menutupinya. 
Uban juga bisa muncul karena pemakaian zat kimia, misalnya cat rambut. Sekarang banyak orang yang melakukan bleaching supaya rambutnya jadi pirang, atau mencat rambut supaya ubannya tidak kelihatan. Tetapi akibatnya, seringkali rambut malah rusak dan uban bertambah. Pemakaian jenis sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi juga bisa memunculkan uban.
Hal lain yang membuat tumbuhnya uban lebih cepat dari waktunya adalah efek radiasi yang terjadi pada kulit kepala. Biasanya, ini terjadi jika Anda menderita penyakit tertentu, seperti kanker ataupun penyakit lain, yang menyebabkan Anda harus menjalani terapi penyembuhan dengan radiasi. 
Warna rambut selalu berhubungan dengan yang namanya melanin.
Melanin diartikan sebagai senyawa biologi yang ditemukan pada tanaman, hewan, dan protista, yang berfungsi sebagai pigmen
. Pigmen yang dihasilkan biasanya merupakan turunan dari asam amino tirosin. Banyak jenis melanin yang tidak larut di dalam garam. Jenis melanin yang paling umum adalah eumelanin dan pheomelanin.
Sumber lain menyebutkan melanin adalah pigmen pewarna yang diproduksi oleh sel melanosit yang ada di akar rambut. Dan yang menentukan mengenai seseorang mamiliki rambut berwarna cokelat, pirang, ataukah hitam adalah melanosit yatu suatu sel yang membentuk melanin.
Kebanyakan uban muncul pada orang yang berumur lebih dari lima puluh tahun. Mengapa bisa demikian? Karena pada saat usia menginjak lebih dari lima puluh tahun maka aktivitas dan kapasitas sel-sel tubuh menurun. Gejala ini biasa terjadi dan pasti akan terjadi setiap orang. Gejala ini disebut degenerasi sel-sel tubuh atau proses penuaan.
Pada rambut melanin dihasilkan sel melanosit yangg ada di akar rambut. Warna rambut yang memutih itu menunjukkan bahwa sel melanosit di rambut sudah tidak lagi menghasilkan melanin
Setiap orang memiliki usia biologis melanosit sendiri. Ketika terjadi degenerasi sel-sel tubuh aktivitas sel melanosis juga ikut menurun dan secara bertahap akan pensiun total. Bila aktivitas melanosit mulai menurun maka warna rambut menjadi putih yang dikenal dengan uban
Pada umumnya, uban memang tidak bisa dikembalikan menjadi hitam, kecuali pada mereka yang menderita gangguan metabolisme, khususnya orang tua. Secara medis, uban juga tidak bisa diobati. Jika penyebabnya
faktor-faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Sebagian besar kasus terjadi diakibatkan faktor genetik atau keturunan. Selain faktor genetik ada juga faktor-faktor lain seperti gen, gizi rendah, stres, psikologi, penyakit kronis dan lain-lain.
Faktor intrinsik yang dapat menyebabkan terjadinya uban antara lain seperti gangguan hormone, enzim, genetic atau krena pengaruh usia
Faktor ektrinsik yang dapat menyebabkan terjadinya uban antara lain seperti toksin (racun) akibat penggunaan berbagai zat pewarna rambut atau shampoo, perubahan iklim, tingkat polusi udara yang tinggi atau rambut terkontaminasi dengan bahan kimia yang meruak folikel rambut.

Faktor luar penyebab timbulnya uban, misalnya, kurangnya suplai makanan atau gizi ke akar rambut akibat diet terlalu ketat sehingga tercipta pola makan yang kurang sehat, yakni makanan yang kurang serat dan vitamin A. Kelelahan saraf mata akibat sering begadang, kebiasaan merokok, atau terlalu banyak minuman beralkohol juga bisa menimbulkan helai-helai rambut putih di kepala kita. Faktor eksternal yang paling cepat merubah warna rambut kita menjadi putih adalah stress.

Ada dua faktor penyebab perubahan warna rambut, yakni :

1. Internal, adalah keturunan atau genetis. Munculnya uban yang disebabkan karena faktor genetis tidak dapat dicegah atau disembuhkan. Hal itu terjadi karena metabolisme pembentukan pigmen pada orang yang mempunyai turunan beruban memang tidak bisa bertahan lama. Sehingga rambutnya mudah memutih;

2. Eksternal, adalah faktor yang bisa merangsang pertumbuhan uban dengan cepat, biasanya berkaitan dengan lingkungan dan gaya hidup. Faktor luar penyebab timbulnya uban, misalnya, kurangnya suplai makanan atau gizi ke akar rambut akibat diet terlalu ketat sehingga tercipta pola makan yang kurang sehat, yakni makanan yang kurang serat dan vitamin A. Kelelahan saraf mata akibat sering begadang, kebiasaan merokok, atau terlalu banyak minuman beralkohol juga bisa menimbulkan helai-helai rambut putih di kepala kita. Faktor eksternal yang paling cepat merubah warna rambut kita menjadi putih adalah stress.

Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Mari kita mengenal beberapa faktor yang membuat rambut beruban di usia muda.

1. Kelainan pada kelenjar tiroid
Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang berada di depan leher dan kelenjar ini berfungsi untuk mengatur pembakaran energi tubuh, mengatur sensivitas tubuh terhadap hormon lain. Menurut sebuah penelitian bahwa kelainan pada kelenjar tiroid ini bisa memicu terjadinya ketidakseimbangan horman hipotiroid, inilah yang menyebabkan terjadinya uban walaupun usia masih muda.

2. Kekurangan Vitamin
Salah satu vitamin penting bagi pertumbuhan rambut adalah vitamin B, ini vitamin yang bisa diperdapatkan dalam mengkonsumsi kuning telur, susu, hati, beras merah dan lain-lain. Kekurangan vitamin b ini bisa menyebakan pigmen pada rambut berubah. Maka warna hitam rambut bisa saja berubah menjadi warna puitih. Jadi konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin B seperti beras merah, kuning telur, susu, jantung, hati, otak, katul, gandum, wortel, kacang hijau.

3. Faktor Keturunan
Uban diusia muda ternyata juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Disini gen berpengaruh dalam membawa sifat keturunan kepada anda, kalau salah satu orang yang ada diatas anda dalam keluarga beruban diwaktu muda, maka anda juga bisa berpotensi beruban di usia muda.
Ada berbagai Tips yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengatasi rambut beruban, sebagai berikut:

1. Mulailah mengkonsumsi makanan bergizi serta pola makan seimbang. Pilih makanan berprotein tinggi dan yang memiliki kandungan lemak rendah serta banyak mengkonsumsi buah-buahan.

2. Olahraga teratur juga bisa menghambat timbulnya uban. Olahraga bisa menenangkan saraf dan pikiran sehingga sangat berpengaruh untuk memperlambat timbulnya uban.

3. Rambut juga perlu nutrisi. Carilah vitamin khusus rambut yang aman dan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

4. Terapi akupuntur dengan cara tusuk jarum di pusatkan di lima titik saraf di kepala bisa juga memperlambat timbulnya uban. Nah, untuk yang satu ini, sebaiknya kamu tanyakan pada ahlinya. Jangan sembarangan pergi ke akupuntur.

5. Yang terakhir, nikmati hidupmu dengan gembira. Sebab, sering stres dalam menjalani hidup bisa mempercepat timbulnya uban.


Anda juga bisa mendownload file Power Point-nya DISINI!!!
 



            Sumber :
http://binekas.wordpress.com/tag/penyebab-rambut-beruban/
Previous
Next Post »

Pages