MENGAPA SESEORANG BISA BERSENDAWA


                                       MENGAPA SESEORANG BISA BERSENDAWA ?

 
Bersendawa adalah salah satu fungsi normal dari tubuh yang berguna untuk mengeluarkan gas atau udara yang menumpuk di dalam perut. Sendawa ini akan mengurangi rasa yang tidak nyaman.
Tidak hanya makanan atau minuman saja yang masuk ke dalam tubuh pada waktu kita makan atau minum. Tetapi juga udara seperti gas oksigen dan nitrogen turut masuk ke dalam perut. Udara yang bila telah menumpuk ini harus dikeluarkan melalui sendawa.Sendawa adalah hal yang normal. Namun bila terlalu sering, perhatikan pola konsumsi sehari-hari. Ketidakseimbangan pola makan dapat menyebabkan gangguan dalam sistem pencernaan. Konsumsi daging yang lebih tinggi dibandingkan sayur. Daging membutuhkan usaha lebih enzim pencernaan seperti amilase, protease, dan lipase untuk mengolahnya. Hal ini tidak selalu bisa dipenuhi sistem pencernaan. Kurangnya enzim pencernaan inilah yang kemudian memicu sendawa. Pada beberapa orang  sendawa bisa merupakan suatu kebiasaan yang yang dilakukan berulang-ulang, tanpa ada hubungannya dengan jumlah gas dalam lambungnya, dan bisa juga akibat rasa tidak enak di lambung dan dengan melakukan sendawa ini perasaan tidak enak itu bisa berkurang, ini tanpa disadari  dapat mendorong seseorang melakukan kebiasaan bersendawa.
Penyebab Sendawa
a)Kelebihan Asupan Makanan yang Mengandung Gas
      Makanan-makanan yang mengandung gas diantaranya adalah soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain sebagainya.
b)Asupan Udara
          Salah satu penyebab sendawa adalah udara yang terhirup melalui mulut. Masuknya udara ke dalam tubuh dapat melalui berbagai cara, diantaranya ketika merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.
c)Mengonsumsi Susu Dingin Saat Perut Kosong
Sendawa dapat disebabkan oleh intoleransi laktosa yaitu gangguan pencernaan setelah minum susu atau produk susu. Sebaiknya mengamati reaksi tubuh setelah minum susu dan menentukan penggunaan selanjutnya berdasarkan reaksi tersebut.
d)Makan/minum terlalu cepat
e)Menelan udara
f)Minum minuman berkarbonasi
g)Obat-obatan tertentu seperti metformin
h) Orang yang sedang cemas
Proses Terjadinya Sendawa
Sendawa membutuhkan koordinasi dari beberapa aktifitas berikut ini:
  • Turunnya otot diafragma, sehingga meningkatkan tekanan abdominal dan menurunkan tekanan di dada.
  • Perubahan tekanan ini membuat udara mengalir dari abdomen di perut ke kerongkongan di dada.
  • Terbukanya katup esofagus bagian bawah, sehingga udara dapat lewat dari perut menuju ke kerongkongan.
  • Menutupnya laring, sehingga cairan atau makanan yang mungkin kembali bersama dengan udara dari perut tidak akan masuk ke paru-paru.
  • Menutupnya laring juga akan melemaskan katup esofagus bagian atas sehingga udara bisa lewat lebih mudah dari kerongkongan ke dalam tenggorokan.
Beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan Anda.
Diet
Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet Anda selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat Anda bersendawa. Cara ini bisa membantu Anda mendisain diet yang mengurangi sendawa.
Asupan udara
Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

Minum susu dingin saat perut kosong
Cara ini sangat berguna jika pembentukan gas diakibatkan oleh kelebihan atau konsumsi obat-obat keras. Di sisi lain, sendawa juga bisa disebabkan oleh intoleransi laktosa (gangguan pencernaan setelah minum susu atau produk susu). Karena itu, ada baiknya mengamati reaksi tubuh setelah minum susu dan menentukan penggunaan selanjutnya berdasarkan reaksi tubuh.

Cara-cara yang di gunakan untuk  Menghindari  Sendawa
 1. Kurangi makan
Pertama dan terpenting, mengurangi konsumsi makanan yang menghasilkan gas dalam perut Anda. Ini adalah gas yang merupakan penyebab utama untuk bersendawa, dan sendawa juga. Item makanan yang paling sering dikonsumsi dan menghasilkan udara termasuk bawang, susu, minuman soda, es krim, dll 
2. Kunyah, Tidak TelanMenelan makanan Anda juga merupakan penyebab utama bersendawa berlebihan. Beberapa orang memiliki kebiasaan menelan makanan mereka karena baik mereka sedang terburu-buru atau mereka berbicara sambil makan. Dalam skenario seperti itu, Anda juga menelan banyak udara yang mengarah ke bersendawa. Jadi, hindari menelan dan menghindari berbicara terlalu banyak saat makan. 
3. Kurang Aerasi MinumanMengurangi konsumsi soda dan bir. Ini juga agen yang kuat dari gas yang menyebabkan bersendawa. 
4. Hindari Menggunakan SedotanApakah Anda menggunakan sedotan untuk minum jus atau minuman dingin lainnya? Cast sedotan keluar benar-benar! Mereka membuat jalan bagi udara melalui cairan, yang Anda akhirnya menelan. Hasil adalah bundling up lebih banyak udara di dalam perut dan dengan demikian bersendawa adalah hasil akhir. Bahkan jika Anda minum langsung dari kaleng, maka akan sama-sama berbahaya. Cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi semua minuman dari gelas. 
5. Minum TehMulailah hari Anda dengan secangkir teh, dengan chamomile yang ditambahkan ke dalamnya. Chamomile bekerja sebagai agen anti-oksidan yang bereaksi dengan gas membangun di dalam dan membunuh mereka. Selain chamomile, Anda juga dapat menggunakan mint karena menawarkan hasil yang sama. Anda dapat minum teh herbal setelah makan Anda dengan baik. 
6. ObatMengambil obat-obatan yang mengandung simethicone. Simetikon fragmen partikel gas dan istirahat mereka menjadi partikel kecil beberapa, sehingga membantu untuk mendorong gas keluar dari tubuh Anda lebih mudah.
Bersendawa memiliki lebih berkaitan dengan kebiasaan makan kita dari apa pun. Jadi, pastikan Anda makan dengan baik dan makan dengan benar untuk menghindari situasi bersendawa

Makanan- makanan yang dapat menghilangkan sendawa
1.    Jahe
Ambil sepotong kecil jahe dan campurkan dengan 1 sdt air lemon dan sedikit garam untuk membantu meringankan masalah bersendawa serta masalah pencernaan lainnya. Bahkan, jahe dan madu dapat mencegah masalah sendawa yang berlebihan lho.

2. Kapulaga
Rebus kapulaga selama 10 menit dalam air dan minum airnya selagi hangat. Minuman ini bisa mengurangi kejang otot di perut dan merupakan salah satu pengobatan rumah untuk menyembuhkan masalah sendawa yang berlebihan.
3. Peppermint
Rendam daun peppermint kering dalam 1 cangkir air mendidih selama lima menit dan minum selagi hangat. Ini adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk menyembuhkan masalah sendawa yang berlebihan secara alami.
4. Bawang putih
Menelan tunas bawang putih dan kemudian minum segelas air. Cara ini sangat efektif jika dilakukan saat perut kosong. Hancurkan tunas bawang putih dan sepotong kecil jahe. Masukkan ke dalam segelas susu hangat. Minum setelah makan.
5. Air jeruk nipis
Campurkan satu sendok teh air jeruk nipis dan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air dingin untuk menyembuhkan masalah sendawa yang berlebihan secara alami. Minuman ini juga membantu pencernaan.

Anda juga bisa mendowload file Powerpointnya DISINI!!!

Sumber:
gerry-tk.blogspot.com/2010/01/inilah-sebab-dan-cara-menghindari.html
Previous
Next Post »

Pages