Kenapa sih kok mata bisa terasa perih ????



Kenapa sih kok mata bisa terasa perih ????
A . Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari-hari seorang manusia perlu menggunakan indra yang dimilikinya agar dalam menerima rangsang yang ada sehingga tubuh kita dapat memberikan respon pada sekitarnya. Ada lima indra yang dimiliki oleh manusia, yaitu kulit untuk menerima rangsang sentuhan, telinga untuk menerima rangsang suara, hidung untuk menerima rangsang bau, lidah untuk menerima  rangsang yang berupa rasa, dan yang terakhir adalah mata yang menerima rangsang berupa cahaya.
Setiap indra yang dimiliki manusia memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk itu kita harus bisa merawat dan menjaganya agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Setiap orang perlu mengerti semua fungsi indraya sehingga mereka memperhatikan indra yang dimilikinya dan bisa menjaganya dari kebiasaan yang dapat mengganggu atau bahkan merusak fungsi kerja indra yang dimiliknya.
Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Karena dengan mata, kita dapat melihat keadaan sekitar. Sehingga kita dapat mengetahui situasi dan kondisi sekitar kita. Jika mata kita mendapatkan masalah, maka kita akan merasakan hal yang tidak nyaman. Ada banyak hal lain yang perlu kita ketahui tentang indra yang merespon rangsang cahaya. Selain itu, banyak sekali gangguan – gangguan pada mata yang sering menimpa kita. Salah satu hal yang sepele yaitu perih yang terasa di mata.
Oleh karena itu penulis memilih judul artikel “Kenapa sih kok mata bisa terasa perih ????

B. Kebiasaan yang merusak mata
Kebiasaan yang dapat membuat mata perih paling umum ialah menatap layar komputer terlalu lama. Bila dibiarkan,tak hanya mata perih tapi juga ada masalah serius.  Itu bukan satu satunya hal yang mengganggu kesehatan mata. Adapun hal – hal lain yang dapat membuat mata perih antara lain :

1. Membaca saat tidur.
Mulai sekarang sayangi mata Anda dengan tidak membaca dalam keadaan posisi tidur. Membaca dalam posisi ini bisa membuat mata tegang. Bukan hanya bisa membuat mata sulit fokus tapi juga sakit kepala.

2 Terlalu lama di depan komputer.
Berhati - hatilah bagi Anda yang bekerja berjam - jam di depan layar komputer. Sesekali bangun dari tempat duduk Anda dan berjalan jalan, menatap pepohonan atau hal – hal yang dapat menyejukkan mata sejenak . Layar komputer bisa membuat mata kering sehingga diperlukan kacamata untuk menayan cahaya.

3. Menonton televisi.
Seperti layar komputer, layar televisi juga merusak. Kerusakan mata akibat ini bisa terjadi dengan cepat. Tetap perhatikan jarak dengan layar televisi agar tetap aman dan mata anda tetap sehat.

4. Membaca dalam perjalanan.
Membaca memang menjadi hobi sebagian orang selagi dalam perjalanan di mobil atau kereta api. Tapi ini sebaiknya dihindari sebab gerakan kendaraan bisa membuat otot mata bekerja ekstra menyesuaikan gerakan konstan.

5. Paparan cahaya berlebihan.
Anda tentu pernah memicingkan mata akibat sinar matahari yang terik. Ini bisa membahayakan mata jadi gunakanlah kacamata hitam saat di luar rumah.


6. Penggunaan soft lens.
Memakai soft lens sah - sah saja apabila kita memang tidak mau direpotkan dengan pemakaian kacamata. Semua orang pasti lebih menyukai yang praktis tapi seperti yang kita ketahui penggunaan soft lens menuntut perawatan yang lebih. Salah penanganan dalam artian kurang bisa menjaga kebersihannya akan berdampak mata iritasi dan merah. Tentunya apabila dibiarkan berlarut-larut akan dapat merusak mata.

7. Mengucek mata
Biasanya mengucek mata dilakukan saat mata terasa gatal karena adanya benda asing yang masuk ke dalam bola mata. Kebiasaan mengucek mata justru akan memperparah keadaan. Karena dengan mengucek mata besar kemungkinan benda asing yang masuk ke mata tadi akan menggores permukaan kornea mata. Apabila menguceknya terlalu keras hal ini juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh kecil  pada bola mata sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar.


C. Cara Merawat

Meminum teh dengan madu dapat mengatasi problem perih di mata mata. Teh dengan madu  dipercaya dapat membantu mata untuk menahan radiasi komputer dan dapat membuat tubuh lebih relaks. Bahkan dokter menyarankan untuk untuk meminum 3 cangkir teh madu dalam sehari bagi orang yang seharian beraktivitas di depan pc.
 Meminum teh dengan madu  dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menstabilkan tekanan darah sehingga produksi oksigen menjadi lancar. Dengan mengistirahatkan mata setidaknya 20 menit, tidak melulu menatap layar komputer sambil meminum secangkir teh madu membuat mata kembali segar. Selain itu, resep ini juga dipercaya dapat mengatasi efek sakit kepala. Untuk membuat ramuan teh madu ini sangat mudah. Cukup dengan membuat teh dan mencampurnya dengan madu alami. Bisa juga dengan menggunakan teh hijau.
Jika mata perih karena terlalu lama di depan layar monitor ada tips khusus untuk mengatasi mata perih saat berlama-lama di depan layar monitor. Berikut ulasannya :

1.    Jaga Jarak Pandang

Anda dituntut untuk menjaga jarak pandang Anda saat menatap layar monitor. Jarak yang dapat diterapkan adalah sekitar 20 hingga 40 inci atau setara 50 cm sampai 100 cm. Apabila Anda kesulitan untuk membaca tulisan dengan jarak tersebut, maka Anda dapat mengatur besar kecilnya font pada komputer yang digunakan. Usahakan agar Anda merasa nyaman saat menatap layar monitor dengan jarak pandang seperti yang telah disebutkan tadi.
  
2.    Atur Kecerahan

Manfaatkan betul fitur yang ada pada perangkat komputer Anda. Salah satunya adalah pengaturan pencahayaan saat mengoperasikan komputer. Hal ini dapat Anda terapkan guna menyelaraskan kenyamanan Anda saat menatap layar monitor. Usahakan untuk mengatur secara tuntas hingga Anda merasa nyaman. Dalam artian kecerahan layar tidaklah terlalu mencolok dan tidak juga terlalu meredup. Atur sedemikian rupa agar pekerjaan Anda lancar serta kesehatan mata Anda tetap terjaga.

3.    Istirahat Sejenak

Apabila Anda telah menatap layar monitor dalam porsi waktu yang cukup lama, maka sebaiknya Anda beristirahat terlebih dahulu agar kesehatan mata Anda tidak terganggu. Sebagai contoh, apabila telah menatap layar monitor selama 30 menit maka istirahat selama 10-15 menit untuk melakukan senam mata. Nah, terserah Anda bagaimana memanajemen waktu saat menatap layar dan berapa lama istirahatnya. Di sini kenyamanan memanglah menjadi hal yang utama, dengan catatan tetap menganut pada petunjuk yang telah diberikan.

D. Saran
Bebarapa tips berikut mungkin bisa di coba untuk menjaga kesehatan mata, antara lain :
1.   Makanlah makanan yang bergizi lengkap hal ini akan baik untuk              kesehatan mata juga, pada umumnya makanan yang baik untuk mata ialah yang banyak mengandung vitamin A dan karoten yang tinggi seperti pepaya, wortel, mangga, buah merah asal Papua.
2.   Istirahat dan tidur yang cukup sehingga mata cukup istirahat.
3.   Jagalah intensitas di depan komputer atau TV. Jangan dipaksakan kalau mata sudah benar-benar lelah. Bahkan kalau perlu rehatlah sejenak setelah didepan computer selama dua jam. Atur sedemikian rupa fitur-fitur monitor agar tidak membuat mata menjadi cepat lelah dan aman untuk mata. Bila perlu belilah filter monitor.
4.   Jangan mengucek mata, apabila diperlukan pakailah air mata sintetis yang dapat membantu mengurangi rasa gatal karena dapat mempercepat pembilasan benda asing tersebut dari mata sehingga rasa gatal dapat segera hilang.
5.   Membacalah dengan jarak pandang yang ideal dan dengan penerangan yang cukup.
6.   Sesekali lakukan relaksasi pada mata dengan melakukan pemijatan kecil pada otot-otot disekitar mata sambil memejamkan mata.
7.   Lakukan pemeriksaan mata secara rutin, dan segerakan pergi ke dokter apabila terjadi hal yang sekiranya menganggu mata anda dan berakibat bebahaya.



Anda juga bisa mendownload file Powerpointnya DISINI!!!


Sumber :
Previous
Next Post »

Pages