Mengkonsumsi Kangkung Dapat Mengakibatkan Rasa Ngantuk ?

Mengkonsumsi Kangkung Dapat Mengakibatkan Rasa Ngantuk ?



                    Siapa yang tidak kenal dengan sayur kangkung ? Dalam bahasa latin kangkung biasa disebut dengan Ipomoea aquatic. Nama lain dari kangkung sendiri juga bisa disebut sebagai water morning glory, water convolvulus , atau water spinach.
                        Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa masyarakat Indonesia makan. Sayuran hijau yang satu ini memang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan. Selain harganya relatif murah, kangkung juga mudah sekali di dapatkan baik di swalayan, di pasar tradisional, bahkan sampai di warung-warung kecil sekalipun. Kangkung bisa dinikmati dengan berbagai macam menu yang sederhana tanpa menghilangkan rasanya yang lezat. Banyak kalangan masyarakat memanfaatkan sayuran yang sederhana dengan aneka menu yang mereka gemari . seperti misalnya di tumis , semur , sayur bening , cemeding , bahkan dapat dibuat lalapan sekalipun dan masih banyak resep yang lainnya sesuai dengan keinginan dan kreasi masyarakat atau penggemar kangkung. Di Indonesia ini sangatlah terkenal akan berbagai macam olahan dari kangkung . Banyak masyarakat indonesia yang gemar dengan olahan dari kankung , bahkan juga banyak wisatawan asing yang gemar dengan masakan dari kangkung tersebut .
@ Kandungan gizi dalam kankung   :
                             Vitamin A pada kangkung sangatlah tinggi mencapai 6.300 IU . Bersifat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang merupakan faktor pemicu timbulnya kanker serta mencegah penuaan dini . Selain itu, kankung juga sangat tinngi kadar seratnya dan mengandung fosfor  , zat besi , hentriakontan dan sitosterol .             Berkat kandungan yang dimiliki kankung juga berpotensi sebagai anti racun , anti radang .    
            @ Kandungan gizi dalam 100 gram kangkung :
·         Energi 29 kal
·         Protein 3 g
·         Lemak 0.3 g
·         Karbohidrat 5.4 g
·         Serat 1.0 g
·         Kalsium 73 mg
·         Fosfor 50 mg
·         Besi 2.5 mg
·         Vitamin A 6.300 IU
·         Vitamin BI 0.07 mg
·         Vitamin C 32 mg
·         Air 89.7 g
           
             @ kasiat  mengkonsumsi kangkung untuk kesehatan :

·         Mengatasi SEMBELIT

Saat akan memasak pilih daun dan batangnya yang masih muda karena mengandung serat kasar yang tinngi . dan dapat di gunakan untuk mengatasi sembelit alias susah Buang Air Besar .

·         Mengatasi INSOMNIA
 
  Menurut pakar kesehatan dari FILIPINA , Herminia de Guzman Ladion  , berbekal kandungan vitamin seperti  A,B dan C plus mineral seperti kalsium , fosfor , seng , magnesium , karoten dan zat besi , kankung efek menenangkan susunan saraf sehingga pengasupnya merasa santai dan enak tidur . Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar  6300 IU . hal tersebut dapat dilihat dariwarna daunnya , semakin hijau daunnya maka kandungan bekarotin juga semakin tinggi . insomnia dapat diatasi dengan mengkonsumsi kangkungtanpa batang

·         Kesehatan GINJAL
              
                Dengan sifatnya yang Diuretik , kangkung dapat melancarkan buang air kecil sehingga baik untuk kesehatan ginjal .

·         Mencegah ANEMIA
             
                Kandungan besi yang tinggi dalam kangkung dapat menimbulkan efek yang baik jika di konsumsi oleh serseorang yang untuk mencegah anemia . karena zat bezi merupakan mineral penting untuk pembentukan sel darah merah

·      Mencegah MIMISAN

                      Kalau hidung keluar darah (MIMISAN)  yang biasanya terjadi pada anak – anakmaka obatilah dengan kangkung . caranya ambil seikat daun kangkung segar , cuci bersih lalu tumbuklah sampai halus . tambahkan sedikit gula aren seduh dengan air panas setelah dingin minum sehari 2 kali.

                        Lalu mengapa orang – orang beranggapan bahwa kankung dapat mengakibatkan rsa ngantuk ? Sebagaimana telah banyak orang yang mengetahui, konon mengonsumsi kangkung dapat menyebabkan rasa ngantuk . Benar ataupun tidaknya, semua itu harus dibuktikan dengan penelitian yang ilmiah sehingga menghasilkan data dan fakta yang akurat . Mempercayai kangkung sebagai obat penawar insomnia adalah suatu hal yang berlebihan . Padahal, kangkung mengandung zat besi yang tinggi sehingga menyebabkan konsentrasi otak lebih meningkat dan membantu pembuatan sel-sel darah merah sehingga tubuh menjadi segar dan bugar.
                        Kangkung memang memiliki kandungan zat kimia yang bersifat sedativ (penenang). Dengan mengonsumsi kangkung, komponen kimia tersebut akan bereaksi sehingga membuat pikiran menjadi tenang dan diprediksikan akan mudah mengantuk. Namun, yang demikian itu bukan merupakan acuan untuk membuktikan bahwa mengonsumsi kangkung dapat menyebabkan ngantuk  atau menjadi obat tidur tradisional yang manjur.Mengapa demikian? Karena, respon tubuh seseorang terhadap zat sedativ tersebut berbeda-beda. Ada yang mudah mengantuk saat mengonsumsi lima sendok makan kangkung, ada pula yang tidak mengantuk sama sekali setelah menyantap satu piring tumis kangkung.Perlu diketahui, pada dasarnya semua lauk pauk mengandung komponen gizi yang dapat membuakan seseorang yang mengonsumsinya mengantuk. Terutama, makanan yang mengandung vitamin B kompleks, kalsium, selenium, asam lemak omega-3, seng, dan magnesium . . Contohnya seperti kacang-kacangan, kerang, telur, susu, dan sayuran-sayuran hijau seperti asparagus, brokoli, serta kembang kol dapat menyebabkan seseorang berpotensi mengantuk dan tertidur dengan pikiran yang tenang.Jadi, jika ada pertanyaan mengonsumsi kangkung dapat menyebabkan rasa ngantuk atau tidak ? hal tersebut   tergantung kepada respon tubuh seseorang terhadap zat sedativ pada kangkung. Berarti, mengonsumsi kangkung tidak mutlak menyebabkan rasa ngantuk.
                               Jadi, jangan percaya saat anda makan kangkung dan ada orang lain yang mengatakan bahwa anda akan mengantuk setelahnya. Kangkung justru mengandung banyakbetakaroten danpurin. Betakaroten adalah provitamin A yang nantinya tidak akan digunakan langsung dalam tubuh, tapi disimpan terlebih dulu dalam sel hati sebagai cadangan nutrisi. Sedangkan purin adalah salah satu komponen asam nukleat yang juga terdapat di dalam tubuh. Tapi, hati-hati, karena purin dalam kangkung tidak bleh terlalu banyak diknsumsi oleh penderita asam urat.
Seperti dikutip dari Fitsugar dan askdrsears.com, Senin (27/12/2010) beberapa jenis makanan yang bisa membuat seseorang mengantuk dan tidak dapat berhenti menguap adalah makanan yang menyerap energi dengan cepat.
Makanan-makanan ini umumnya mengandung gula tinggi dan karbohidrat yang sederhana sehingga bisa meningkatkan energi tapi dengan cepat diturunkan, seperti makanan yang manis-manis, minuman berenergi, makanan berlemak,
Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis bisa mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap untuk mendapatkan oksigen lebih banyak, karenanya makanan ini bisa membuat seseorang mengantuk setelah mengonsumsinya.

                        Selain itu kandungan tryptophan yang tinggi bisa mempengaruhi seseorang untuk tertidur. Hal ini karena tryptophan merupakan asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin, yaitu neurotransmitter yaitu yang memperlambat jalur lalu lintas yang terdapat atau biasanya terjadi di otak.
                        Beberapa makanan yang diketahui mengandung kadar tryptophan tinggi adalah produk susu seperti keju, produk kedelai (susu kedelai, tahu atau kacang kedelai), daging, biji-bijian, telur dan juga biji bunga matahari.

Anda juga bisa mendownload file Powerpointnya DISINI!!!

Sumber  :
·         http://www.islampos.com/makan-kangkung-membuat-ngantuk-99334/
·         http://health.detik.com/read/2010/12/27/123341/1533283/763/betulkah-kangkung-bikin-ngantuk
Previous
Next Post »

Pages