Senyum Bisa Bikin Awet Muda



Senyum Bisa Bikin Awet Muda

Banyak cara yang dilakukan orang agar terlihat lebih awet muda. Yang paling sering adalah dengan memakai produk kosmetik atau mengonsumsi suplemen tertentu. Padahal cara sederhana seperti tersenyum sudah bisa membuat seseorang terlihat lebih muda.
Sebenarnya tidak hanya obat-obatan yang bisa menyembuhkan penyakit, karena telah di temukan obat yang sangat praktis untuk mengobati penyakit tertentu yaitu senyum, tersenyum merupakan terapi mental dan kejiwaan, merupakan upaya dari dalam diri kita untuk melawan berbagai tekanan yang kita hadapi. Dengan tersenyum, tanpa sadar kita sedang berupaya menghibur diri dari setiap masalah, dengan tersenyum secara tidak sadar telah mengobati mental yang terpuruk sekaligus melatihnya untuk semakin tegar. Senyum (sambil berdoa) dalam kesedihan dan kesusahan, merupakan obat terbaik bagi diri untuk menemukan solusi dan keluar dari tekanan psikis. Maka tidak heran jika senyum merupakan sedekah, karena secara tidak langsung sudah memberikan obat terhadap orang yang lagi terkena penyakit stres, dan bagi orang yang lagi banyak menghadapi masalah.

Senyum juga merupakan kekuatan "magis" yang bisa meluluhkan jiwa orang lain. Tak jarang seorang cowok perkasa dan gagah berani akhirnya luluh dan takluk pada se­orang cewek karena sembulan senyumnya yang manis menggoda. Apalagi kalau ceweknya itu mempunyai gigi gingsul dan lumpang di pipinya, maka Emm....sungguh mengesankan dan luar biasa manisnya.

Peneliti asal Jerman melakukan sebuah riset dan percobaan terhadap beberapa orang untuk menebak usia orang lain dengan melihat beberapa foto-foto wajah dari 171 orang muda, setengah baya, dan lebih tua. Pada beberapa foto, menampilkan wajah yang tersenyum. Di sisi lain, diperlihatkan juga foto dengan ekspresi wajah marah, takut, jijik, atau sedih dan lain-lain.
 Studi yang dimuat dalam Journal Cognition & Emotion itu, peneliti menunjukkan bahwa ekspresi wajah memiliki pengaruh besar pada berapa orang dengan usia lebih tua. Tersenyum ternyata membuat penampilan seeorang menjadi lebih muda. Bahkan, kebanyakan orang cenderung meremehkan usia seseorang ketika melihat foto mereka yang sedang tersenyum dengan manisnya.
Peneliti memberikan beberapa alasan terkait efek tersenyum terhadap usia. Pertama, akan sulit untuk mengatakan apakah kerutan yang terlihat di wajah ketika tersenyum bersifat sementara atau permanen. Kedua, dengan tersenyum maka seseorang akan terlihat lebih menarik dan memberikan efek positif layaknya anak muda. Sehingga orang lain akan menilai mereka lebih muda dari usia yang sebenarnya.
Dalam fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang.
Senyum itu datang dari rasa kebahagian atau kesengajaan karena adanya sesuatu yang membuat dia senyum. Seseorang sendiri kalau senyum umumnya bertambah baik raut wajahnya atau menjadi lebih cantik ketimbang ketika dia biasa saja atau ketika dia marah.
Senyum adalah ibadah, menjalani sesuatu dengan senyum selain bermanfaat baik buat hubungan dengan sekitar, karena senyum adalah jarak yang terdekat antara dua manusia. Selain itu senyum berdampak positif juga buat kesehatan tubuh kita.
Fakta Tentang Manfaat Tersenyum yang perlu Anda ketahui. Anda harus tau manfaatnya,maka dari itu setelah membaca artikel Manfaat Senyum ini Anda harus sering-sering tersenyum. Berikut 10 Tips Manfaat Tersenyum :
1.Senyum membuat kita lebih menarik
Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari kita , tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik.
2. Senyum mengubah mood kita
Ketika kita merasa jatuh atau “down” cobalah untuk tersenyum. Mungkin saja mood kita akan berubah menjadi lebih baik.
3. Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum
Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka Kamu akan disukai oleh banyak orang.
4. Senyum dapat mengurangi stress
Jika tanda-tanda stres menyerang kamu, maka wajah Kamu sangat tidak enak untuk dipandang, sesegera mungkin untuk tersenyum karena senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang stres, lelah atau merasa “down”. Jika Kamu sedang stres cobalah untuk tersenyum, maka stres Kamu akan berkurang dan Kamu akan merasa lebih baik untuk membuat langkah selanjutnya.
5. Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh
Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika Kamu tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan Kamu menjadi lebih rileks.
6. Senyum menurunkan tekanan darah
Ketika Kamu tersenyum, maka tekanan darahmu akan menurun. Jika Kamu gak percaya, Kamu boleh mencobanya sendiri, jika Kamu memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah.
7. Senyum mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami.
8. Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat Kamu terlihat lebih muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat Kamu terlihat lebih muda. Jika Kamu ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyummu sepanjang hari, maka Kamu akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik. Karena itu dapat Menghilangkan Jerawat juga.
9. Senyum membuat Kamu tampak sukses
Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat Kamu melakukan pertemuan dan saat ada janji. Rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat Kamu akan merasakan sesuatu yang berbeda dan sukses.
10. Senyum membuat Kamu tetap positif
Senyumlah! Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulitkan? Karena ketika Kamu tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh Kamu bahwa “hidup Kamu saat ini baik-baik saja”.
Lihatlah bayi mungil yang baru lahir. Dia tak dapat berbahasa seperti kita, namun senyumannya mampu melu­luhkan hati siapa saja yang melihatnya. Senyuman bayi begitu ikhlas dia kembangkan dari bibir mungilnya sehingga mampu menggugah perasaan siapa saja yang melihatnya, karena itu semua lazimnya senyum bayi dari dilakukan dengan ikhlas tanpa ingin mengharapkan sesuatu dari lawan yang bayi hadapi, tetapi bener-bener senyum bayi di karena kan kebahagiaan yang tulus dan fitrah dari bayi tersebut. Orang akan melakukan apa saja untuknya, walau sang bayi tak pernah menyuruh dan memerintah, namun senyumannya memiliki ribuan makna yang membuat orang berusaha untuk memahami kebutuhannya.
Maka jauhkan diri Kamu dari depresi, stres dan rasa khawatir dengan satu kata yaitu "senyum", tentu saja dengan memberikan senyum pada tempat dan suasana yang tepat. Jika berlebihan, maka orang lain akan menganggap Kamu kurang waras.

Anda juga bisa mendownload file Powerpointnya DISINI!!!

Sumber :
http://www.terapitertawa.com/?manfaat-senyum-bagi-kesehatan-jiwa-raga,75
http://sisoupo.blogspot.com/2013/10/inilah-sepuluh-fakta-tentang-sebuah.html
http://tricajus.bloginformasiteraktual.com/2013/04/10/senyum-anda-akan-tampak-awet-muda/
http://beritaindonesiaonlinenews.blogspot.com/2011/11/senyum-bisa-bikin-awet-muda.html
Previous
Next Post »

Pages